Sungai Penyebab Banjir Itu Dipenuhi Enceng Gondok Dan Rumput-Rumput Liar

by

Kudus, isknews.com – Sungai Wulan Drainase (SWD)-1, yang melintas di Dukuh Karangturi, Desa Setrokalangan, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus, yang pada musim hujan 2014 lalu, menyebabkan terjadinya bencana banjir, sehingga mengakibatkan ratusan warga masyarakat harus mengungsi, pada musim kemarau sekarang ini kondisinya dipenuhi tanaman enceng gondok, sehingga menyebabkan airnya tidak dapat mengalir. Sungai tersebut adalah salah satu sudetan Sungai Wulan di daerah barat, untuk mengurangi tekanan debit air sungai tersebut ke muara.

Menurut warga desa setempat, yang dihubungi saat isknews.com memantau di sungai tersebut, Selasa (21/11/17), memang seperti itulah kondisi Sungai SWD-1 itu. Debit airnya kecil dan tidak bisa mengalir, karena dasar sungai dipenuhi dengan tumbuhan air berupa enceng gondok dan rumput-rumput liar.
Kondisi itu sangat jauh dengan yang terjadi pada musim hujan, di mana air Sungai SWD-1 itu debit airnya penuh, bahkan meluap sampai menggenangi seluruh Dukuh Karangturi. Banjir terbesar di Setrokalangan, adalah yang terjadi pada 2014 lalu, di mana saat itu ketinggian airnya mencapai hampir dua meter.

KOMENTAR SEDULUR ISK :
TRENDING :  Tuntut Uang Tunggu Ratusan Pekerja PT SIP Gelar Unjuk Rasa