Surplus Capai 835 Juta, UPK Sale Santuni Yatim dan Miskin

Surplus Capai 835 Juta, UPK Sale Santuni Yatim dan Miskin

Rembang, isknews.com (Lintas Rembang) – Unit Pembangunan Kecamatan (UPK) Sale, Senin (27/3) menyumbangkan dana surplus dalam pengelolaan anggaran. Dana surplus yang mencapai Rp 835 Juta tersebut dialokasikan untuk menyantuni sejumlah anak yatim dan warga miskin setempat.

Ketua Badan Komunikasi Antar Desa ( BKAD ) Kecamatan Sale Samsi mengatakan, penerima santunan tersebut diantaranya sebanyak 294 anak yatim piatu dan 375 kepala keluarga rumah tangga miskin di Kecamatan Sale, Kabupaten Rembang.

“Pada tahun 2016 kemarin, total dana surplus dalam pengelolaan anggaran mencapai Rp 835 juta. Dari dana itu kemudian dipotong guna modal, masuk rekening desa, dan juga untuk operasional BKAD, baru sisanya untuk dana santunan ini,” ungkapnya.

TRENDING :  Pengamat Sosial : Keberadaan Minimarket (Waralaba) Matikan Usaha Kecil

Ia mengaku, dari surplus 800 juta akan diambil 50% sebagai tambahan modal, 10% akan dimasukkan direkening desa, dan 20% sebagai oprasional BKAD, sedangkan 20% sisanya digunakan untuk menyantuni yatim piatu, dan rumah tangga miskin ( RTM ).

Sementara itu, Bupati Rembang Abdul Hafidz yang turut hadir untuk memberikan sumbangan secara simbolis kepada warga itu, mengapresiasi kegiatan santunan yang dilaksanakan oleh BKAD Sale tersebut. Ia menghimbau kepada para pengelola PNPM agar senantiasa berlaku jujur.

TRENDING :  PPRK dan Serikat Pekerja Sepakati Besaran THR Yang Diterima Buruh Rokok Kudus

“Dana PNPM itu uang negara, yang harus dikelola dengan baik. Jika diselewengkan, maka dapat berurusan dengan masalah hukum. Cukup kecamatan Sumber dan Sluke saja yang tersandung masalah,” tegasnya.

Bupati menambahkan, belum adanya kejelasan dasar hukum, baik secara koprasi dan keuangan, membuat kementrian terkait memberikan mandat kepada setiap Bupati untuk tetap melakukan pengawasan, dan pengarahan dalam pengelolaan keuangan PNPM. Sehingga ia berkali-kali menekankan agar dalam pengelolaan uang negara dilakukan secara jujur.

TRENDING :  Pusat Nilai KTTT Margomulyo

Adapun dalam kesempatan itu, Bupati juga membagikan sedikitnya 82 Kartu Indonesia Sehat (KIS) kepada sebanyak 82 penerima di Kecamatan Sale. Ia berharap dengan KIS tersebut, bisa dimanfaatkan secara baik oleh warga dan berdampak positif bagi kesehatan masyarakat Rembang. (Arif S)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post

Post Comment

*