Syukuran Nelayan Kedungpancing Gelar Festival Perahu Naga

by
ISKNEWS.COM
Foto: Salah satu peserta Festival Perahu Naga Silugonggo Cup IV berusaha memenangi lomba. (ivan nugraha/ISKNEWS.COM)

Pati, ISKNEWS.COM – Bagi para nelayan, sedekah laut merupakan salah satu perwujudan rasa syukur atas rezeki yang mereka peroleh selama ini. Biasanya acara tersebut dihelat setelah beberapa hari perayaan hari raya Idul Fitri.

Para nelayan di Desa Kedungpancing Kecamatan Juwana, Pati juga mempunyai acara serupa di tengah momen Syawal ini. Mereka mewujudkan rasa syukurnya dengan menyelenggarakan Festival Perahu naga di sepanjang sungai Silugonggo, Senin (18-06-2018). Gelaran bertajuk Silugonggo Cup IV ini merupakan tradisi Desa Kedungpancing sebagai wujud syukur karena mata pencaharian rata-rata warganya sebagai nelayan.

Kepala Desa Kedungpancing Didik Narwadi saat ditemui di sela kegiatan menuturkan, pada awalnya panitia penyelenggara akan menggelar festival perahu tradisional, atau Traditional Boat. Hal itu lantaran sedikitnya anggaran yang dimiliki panitia.

TRENDING :  Hari Pertama Operasi Zebra Digelar, Ratusan Motor Di Pati Kena Tilang

“Tadinya panitia maunya traditional boat karena anggarannya memang hanya sedikit. Tapi kebetulan Bumdes sudah punya perahu naga sendiri, jadi dari panitia mau sekalian nganyari. Dan agenda ini juga memang selalu ditunggu warga,” terang Didik Narwadi.

TRENDING :  Satu Hari Saja, Dua Aksi Pencurian Terjadi di Kecamatan Pati Kota

KOMENTAR SEDULUR ISK :