Tahun Ajaran Baru Oplah Batik Bakaran Meningkat

oleh

Pati, isknews.com (Lintas Pati) – Memasuki tahun ajaran baru sekolah, pengusaha batik bakaran banjir pesanan. Bahkan, oplah yang dihasilkan meningkat hingga 40 persen dibandingkan dengan hari biasa.

“Tahun ajaran baru tahun ini, alhamdulillah pesanan dari beberapa sekolah meningkat. Ya, buat seragam sekolah pastinya,” ungkap pengusaha batik bakaran, Tamzis Al Anas, Kamis (20/07/2017).

TRENDING :  Gusdurian Bersama Dandim Pati, Budidayakan Tanaman Porang Di Desa Sumbermulyo

Sedang, lanjutnya, harga yang ditawarkan untuk batik tulis khusus seragam sekolah, mulai harga puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah. Pasalnya, dia tidak termotivasi laba saja, tapi bagaimana mengenalkan batik bakaran dan menjaga eksistensinya.

“Batik bakaran ini kan lokal wisdom di Pati, dan menjadi warisan nenek moyang kita di nusantara. Jadi, eksistensinya harus kita jaga bersama,” papar warga Desa Langenharjo RT 7/RW 3, Kecamatan Juwana, Pati itu.

TRENDING :  Ribuan Petani Ketela Pati Lakukan Aksi Doa dan Sholawat Agar Kebijakan KPH Pati di Batalkan

Bahkan, atas kegetolannya itu untuk menjaga tradisi. Tak jarang, pemilik brand batik bakaran ‘Yuliati Warno’ itu diundang untuk melakukan pameran ke luar negeri.

“Sering dapat undangan pameran ke luar negeri, negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura sudah sering,” jelasnya.

TRENDING :  Nyolong Celengan Macan Tetangga, Pelaku Dicokok Polsek Batangan

Harap Tamzis, seluruh sekolah di Bumi Mina Tani dapat turut berpartisipasi melestarikan batik bakaran, dengan menggunakan batik bakaran sebagai seragam sekolah. Tidak hanya itu, dia juga menaruh harapan besar kepada Pemerintah untuk turut melestarikannya. (Wr)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Comments are closed.