Tahun ini Anggaran Infrastruktur Jauh Menurun

oleh
Foto: Titik jalan rusak di Jalan raya Nalumsari. (istimewa)

Jepara, ISKNEWS.COM – Anggaran untuk peningkatan infrastruktur di Kabupaten Jepara tahun ini mengalami penurunan cukup signifikan. Penurunan ini mencapai lebih dari Rp 40 milyar. Padahal tahun ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara tahun 2018 ini berkomitmen untuk fokus pada empat bidang termasuk salah satunya bidang infrastruktur.

Wakil Bupati Jepara, Dian Kristiandi mengungkapkan, tahun 2017 anggaran peningkatan jalan, jembatan dan trotoar dianggarkan sebanyak Rp 157 milyar. Sedangkan tahun ini, hanya dianggarkan sebesar Rp 112,7 milyar. “Tahun ini dari APBD sebesar Rp 61 milyar, DAK sebesar Rp 19,4 milyar dan dari Banprov sebesar Rp 32,3 milyar,” urainya.

TRENDING :  Hingga 2 Oktober, Disdukcapil Jepara Punya "Hutang" Cetak 56.441 KTP

Akan tetapi Andi menyebut, jika infrastruktur tetap diperhatikan utamanya kualitas yang ke tempat wisata, meskipun anggaran infrastruktur menurun dibanding tahun lalu. “Kerangka asumsi anggaran kita tidak sesuai dengan kenyataan, sebab pendapatan negara turun dari sektor pajak sehingga berdampak pada anggaran ke daerah,” ujarnya.

TRENDING :  Sejarawan Dukung Pembentukan TACB

Meskipun demikian, lanjut Andi, anggaran sebesar itu akan digunakan semaksimal mungkin utamanya kualitasnya. “Ini sebenarnya bukan murni apa yang kita diinginkan, sebab saat penetapan APBD lalu Jepara dipegang oleh Pelaksana tugas (Plt),” jelasnya.

Lebih lanjut Andi menjelaskan, meski anggaran untuk infrastruktur menurun, namun anggaran untuk sektor pariwisata jauh meningkat sekitar Rp 40 milyar. Ini menjadi satu kesatuan dengan infrastuktur dan pariwisata. Pembangunan infratsruktur utamanya untuk aksebilitas ke lokasi wisata. “Jalan-jalan ke obyek wisata saat ini yang jalannya hanya empat meter, tahun berikutnya akan dilebarkan menjadi 7-8 meter.” tandasnya. (ZA/RM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :