Tahun Ini Penyaluran DD Dilakukan Tiga Tahap

oleh
Penyaluran Dana Desa
Foto: Sosialisasi Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) di Pendapa Kabupaten Jepara, Selasa (13-02-2018). (Zacky/ISKNEWS.COM)

Jepara, ISKNEWS.COM – Penyaluran Dana Desa (DD) tahun 2018 ini dari pemerintah pusat kepada daerah, dilaksanakan melalui tiga tahapan. Hal ini disampaikan Kepala Bidang Penguatan Lembaga Masyarakat dan Desa pada Dinsospermades Jepara, Ferry Yudha Adi Darma, saat sosialisasi DD dan Alokasi Dana Desa (ADD) di Pendapa Kabupaten Jepara, Selasa (13-02-2018).

Dikatakan Ferry, untuk tahap pertama akan dicairkan 20 persen, dan tahap kedua sebesar 40 persen serta tahap ketiga, juga 40 persen. “Batas waktu penyaluran, yaitu Januari sampai dengan Juni, untuk tahap I dan II, paling cepat bulan Juli, untuk tahap III.”

TRENDING :  HAMI Pati Ingatkan Pemdes Dalam Penggunaan Dana Desa

Untuk syarat penyaluran DD tahap pertama, setelah Kepala Desa (Kades) menyampaikan Perdes mengenai Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes). Sedangkan untuk tahap kedua, setelah kades menyampaikan laporan realisasi penyerapan minimal 75 persen, dan capaian output DD minimal 50 persen tahun anggaran sebelumnya.

TRENDING :  Belum Ada Satu Pun Desa Yang Cairkan Dana Desa

Untuk syarat penyaluran tahap ketiga, yaitu setelah kades melaporkan realisasi penyerapan dan capaian output DD sampai tahap kedua. Lanjut Ferry, “Dengan presentase rata-rata dari seluruh kegiatan.”

Untuk tahun sebelumnya 2017, penyaluran dana desa dilaksanakan dalam dua tahapan. Yaitu 60 dan 40 persen.

TRENDING :  Terlambat Ajukan Proposal, Anggaran DD Dipotong 30%

Berdasarkan Surat keputusan bersama empat menteri, dari DD juga ditetapkan kebijakan pelaksanaan padat karya tunai di desa. Dalam surat tersebut, juga ditetapkan fasilitas penggunaan DD untuk kegiatan pembangunan desa paling sedikit 30 persen, wajib digunakan untuk membayar upah masyarakat dalam rangka menciptakan lapangan keja di desa. (ZA/AM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :