Tak Ingin Alam Rusak Ratusan Orang Bersatu Selamatkan Gunung Kendeng Di Wonosoco

oleh

Kudus, ISKNEWS.COM – Pagi sekali pukul 06.00 WIB ratusan orang sudah berkumpul di Gedung Kesenian Kompleks Bumi Perkemahan Wisata Desa Wonosoco, Kecamatan Undaan, Jumat (20/01/2017). Mereka tergabung dalam ”Operasi Penyelamatan Gunung Kendeng” di kawasan Wonosoco yang kondisinya kini semakin memprihatinkan.

Pemasangan papan larangan perusakan kawasan hutan lindung di Wonosoco, Jumat (20/01)

Kegiatan tersebut diikuti Perhutani dari BKPH Penganten, Muspika Undaan, BPBD Kudus, Karang Taruna Se-Kecamatan Undaan, Polsek dan Koramil Undaan, serta warga sekitar. ”Operasi ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi dan penyadaran kepada masyarakat agar lebih mencintai alam,” kata Asisten Perhutani Rido Haryanto kepada isknews.com.

TRENDING :  Inilah Tempat Bersejarah di Kabupaten Kudus

Dia menuturkan, selama ini masyarakat menanami kawasan perlindungan dengan tanaman musiman seperti palawija dan jagung. Hal itu sangat berbahaya apabila terjadi hujan dengan intensitas lebat, bisa berpotensi terjadi banjir.

TRENDING :  Koperbal Juana Edi Ismanto : "Jangan Percaya Sama Kabar Kedung Ombo Akan Dibuka"

Dia berharap, masyarakat tidak lagi menanam tanaman musiman dan beralih menanam pohon atau pohon buah yang akarnya dapat menahan air. ”Tujuan kami hadir hari ini adalah merubah mindset warga agar tidak lagi menanam tanaman satu musim. Jangan sampai terjadi musibah banjir seperti beberapa waktu lalu, akibat tidak adanya tanaman penahan air dari atas,” ujarnya. (MK/SLM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Comments are closed.