Tak Seperti Dulu, Bisnis Ikan Hias Sekarang Mengalami Penurunan

oleh -1,013 kali dibaca

Kudus_isknews.com–(14/1) Ikan hias merupakan hewan yang sering dijadikan hiasan di sudut-sudut rumah untuk mempercantik ruangan. Selain untuk mempercantik ruangan, ikan hias juga mampu menghibur pemiliknya atau mengurangi rasa stress karena ikan hias memiliki berbagai bentuk dan warna yang menarik. Ikan hias juga memiliki harga jual berbeda-beda dari Rp.2000 hingga jutaan rupiah. Namun sekarang ini komuditas ikan hias seperti lohan, arwana, koi dan cupang mengalami penurunan tak seperti tahun 2000-an dulu.

“Dulu ikan cupang dapat terjual 300 ekor setiap harinya, namun sekarang hanya berkisar 20-30 ekor setiap harinya. Ikan arwana, ikan koi dan lohanpun mengalami penurunan penjualan namun harga masih tergolong stabil dan tidak turun derastis. Sekarang juga tidak ada treen ikan hias tertentu, hampir semua ikan hias sama dalam penjualannya” Ujar Ahsan salah seorang penjual ikan hias kepada isknews.com.

Ahsan yang juga menjual bibit ikan konsumsi seperti gurame, nila, patin, lele dan bawal juga menyatakan bahwa penjualan bibit ikan konsumsi sekarang ini lebih ramai dari pada penjualan ikan hias. Ahsan mendapatkan bibit ikan konsumsi tersebut dari daerah Kedong Ombo dan Pati. Sedangkan untuk ikan hias ia dapatkan dari Tulungagung dan untuk hiasan aquarium didapat dari Jakarta. (Adam)

KOMENTAR SEDULUR ISK :