Tak Terduga

Tak Terduga

Kematian. Siapa yang tahu? Seperti yang terjadi pada kecelakaan pesawat Hercules C-130 misalnya. Baru sekitar 2 menit take off, lalu tiba-tiba jatuh menimpa sebuah ruko di jalan Jamin Ginting Medan Sumatera Utara. Kecelakaan tersebut menelan korban jiwa sebanyak 101 penumpang dan 12 awak pesawat prajurit TNI Angkatan Udara.

Para keluarga tentunya tidak menyangka bahwa orang yang mereka sayangi akan meninggalkan mereka secepat itu. Dengan datangnya kematian yang begitu tiba-tiba, kita hanya dapat menpersiapkannya sebaik mungkin dengan usaha yang maksimal dari sekarang. Kematian adalah akhir kehidupan di dunia dan awal kehidupan di akhirat. Tidak seorangpun yang tidak akan mengalami kematian. Dalam sebuah ayat di Al-Qur’an disebutkan : “Maka jika datang waktu kematian mereka, tidak bisa mereka tunda dan dan mendahulukannya sedetikpun,”(QS. An-Nahl: 61)

Dari dalil di Al-Qur’an tersebut telah jelas bahwa kematian adalah hal yang pasti terjadi. Entah besok atau lusa atau pekan depan atau bulan depan maut datang menjemput, tidak ada yang tahu.

TRENDING :  Hadapi Cuaca Tak Bersahabat BPBD Kudus Siaga Bencana

Ada sebuah nasehat, agar kita senantiasa mengamalkan tujuh sunnah Nabi setiap hari, yaitu :

Pertama, tahajjud karena kemuliaan seorang mukmin terletak pada tahajjudnya.

Kedua, membaca Al-Qur’an sebelum matahari terbit. Alangkah baiknya sebelum mata melihat dunia, sebaiknya mata membaca Al-Qur’an terlebih dahulu dengan penuh pemahaman.

Ketiga, jangan tinggalkan masjid untuk sholat berjama’ah, terutama diwaktu shubuh. Sebelum melangkah kemana pun langkahkan kaki ke masjid, karena masjid merupakan pusat keberkahan, bukan karena panggilan muadzin tetapi panggilan Allah yang mencari orang beriman untuk memakmurkan masjid Allah.

TRENDING :  Wisuda STAIN Kudus: Kuliah Umum Gus Romy, Fenomena Ekonomi "Berbagi"

Keempat, jaga shalat Dhuha karena kunci rezeki terletak pada shalat dhuha.

Kelima, jaga sedekah setiap hari.  Allah menyukai orang yang suka bersedekah, dan malaikat Allah selalu mendoakan kepada orang yang bersedekah setiap hari.

Keenam, jaga wudhu terus menerus karena Allah menyayangi hamba yang berwudhu. Kata khalifah Ali bin Abu Thalib, “Orang yang selalu berwudhu senantiasa ia akan merasa selalu shalat walau ia sedang tidak shalat, dan dijaga oleh malaikat dengan dua doa, ampuni dosa dan sayangi dia ya Allah”.

TRENDING :  Delegasi Score ILO India Kunjungi Pabrik Jenang 33 Kudus

Ketujuh, amalkan istighfar setiap saat. Dengan istighfar masalah yang terjadi karena dosa kita akan dijauhkan oleh Allah.

Amalan-amalan tersebut setidaknya membuat hati kita tentram, juga mendapat pahala kebaikan.

 

memei

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post