Tamzil Peringatkan Pejabat ASN Kudus, Kinerja Buruk Fasilitas Mobil Akan Ditarik Diganti Motor

oleh
tamzil cek mobil dinas
Bupati Kudus M Tamzil melakukan pengecekan kendaraan dinas di halaman Pendapa, Senin (9/10/2018). (Mukhlisin/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Bupati Kudus Mohammad Tamzil melakukan pemeriksaan seluruh mobil dinas yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus, di halaman Pendapa, Selasa (9/10/2018). Pemeriksaan itu dimaksudkan untuk mengetahui kondisi fisik mobil yang digunakan kegiatan operasional.

“Pemeriksaan ini tujuannya untuk keselamatan para pengguna fasilitas kendaraan dinas. Pemerintah kan harus memberi contoh, jangan sampai mobil pemerintah ada kecelakaan karena kelailaian kelengkapan kendaraan. Makanya ini kami cek secara menyeluruh,” katanya kepada awak media usai pemeriksaan.

Selain itu pemeriksaan juga untuk mengetahui perawatan rutin kendaraan. Menurutnya dengan cara mengetahui tahun pengadaan bisa terlihat mobil tersebut terawat atau tidaknya. “Memang kalau saya lihat banyak mobil dinas yang sudah layak untuk diganti,” ungkapnya.

Dia mencontohkan, seperti mobil dinas camat tahun pengadaan 2007 dan kabag 2007 dan mobil kepala dinas rata-rata 2009. Melihat dari hasil pemeriksaan pihaknya akan melakukan evaluasi dan bertahap akan melakukan peremajaan kendaraan dinas, terutama yang digunakan untuk melayani masyarakat operasionalnya.

TRENDING :  Rapat Paripurna DPRD Kudus, Tamzil Jelaskan Ranperda APBD 2019

“Kita akan lakukan peremajaan dengan memprioritaskan yang digunakan untuk operasional pejabat yang melayani masyarakat. Seperti di bagian perijinan itu sudah teriak-teriak karena mobil sudah terlalu lama belum diganti, dan saya setuju karena memang digunakan untuk keliling” tukasnya.

Tamzil menambahkan, idealnya mobil dinas lima tahun sudah bisa diremajakan, sementara di Kudus ada yang sudah 12 tahun belum diganti. Kalau tidak diperhatikan bisa menggangu tugas.

Selain usia mobil yang dinilai sudah tidak layak pakai, hasil pemeriksaan juga menunjukkan banyak kendaraan dinas kurang terawat. Terutama pada bagian ban, banyak pengguna yang tidak memperhatikan.

TRENDING :  Sambangi Pasar Kliwon, Tamzil Janji Kembalikan HGB

Dia meminta agar pejabat ASN di Kudus lebih memperhatikan permasalahan kecil seperto itu. Jangan sampai ada kecelakaan yang ditimbulkan karena kurang terawatnya mobil dinas, sebab hal itu dinilai memalukan jika sampai terjadi.

Meski begitu ia menilai beberapa kendaraan dinas juga sudah ada yang baru dan cukup cocok dengan medan yang ada di Kudus. Seperti mobil Sekwan yakni keluaran baru Mitsubishi XPander, ada juga mobil Kepala Satpol PP juga keluaran 2018.

Ke depan, lanjut Tamzil, akan dilakukan peremajaan berbagai gelombang. Misalnya gelombang pertama untuk camat dan kabag, gelombang kedua kepala dinas, dan gelombang ketiga eseleon tiga yang ada di dinas.

TRENDING :  ​Mobil Layanan Publik Harus Optimal untuk Masyarakat

“Sehingga semua sudah siap melayani masyarakat tanpa ada kendala kendaraan dinas,” tandasnya. Hanya saja dia meminta agar fasilitas yang diberikan dapat digunakan sebagaimana mestinya. Jangan sampai disalahgunakan untuk keperluan pribadi.

“Kalau untuk tugas tidak masalah dipakai. Tapi kalau ke pasar atau pergi jajan ya pakai mobil pribadi saja,” tegas Tamzil.

Bahkan dia memberikan warning kepada pejabat ASN yang mendapat fasilitas mobil harus memiliki kinerja yang baik. Dia tidak segan menarik fasilitas mobil bagi pejabat ASN di Kudus dan mengganti dengan sepeda motor jika kinerja buruk.

“Jadi kalau ada pejabat ASN yang kerjanya tidak bagus jangan langsung dilorot eselonnya, tapi kasih fasilitas yang sama dengan staff,” pungkasnya. (MK/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :