Tanamkan Kedisiplinan Melalui Lomba Tata Upacara Bendera dan Baris – Berbaris

oleh

Kudus, ISKNEWS.COM – Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kudus Senin (11/3/2019) menggelar Lomba Tata Upacara Bendera (TUB) dan Baris-Berbaris untuk SMA sederajat se-Kabupaten Kudus.

Kepala Disdikpora Kudus Joko Susilo melalui Kepala seksi pengembangan sumber daya pemuda, Wagiman Sutrisno (WS) saat ditemui isknews.com menjelaskan, lomba yang digelar di Pelataran (lapangan tengah) GOR Wergu Wetan Kudus ini diikuti 9 sekolah menengah atas sederajat, dan dari jumlah awal 10 sekolah, ada satu sekolah yang tidak mengikuti lomba tersebut dikarenakan suatu hal,” kata WS, sebutan akrabnya.

Diantaranya yang mengikuti ialah dari SMA 2 Kudus, SMA 1 Bae, SMA 1 Kudus, SMK Muhammadiyah, SMK K Nusantara, SMK Wisudha Karya, SMK N 1 Kudus, SMA 1 Gebog, SMA 1 Mejobo.

TRENDING :  Pasar Murah Ramaikan HUT Ke-27 PDAM Kudus, Simak Jadwalnya

Dia memaparkan, lomba TUB dan baris-berbaris ini memperebutkan piala Kepala Disdikpora Kabupaten Kudus, “Para juara akan mendapatkan piala dan piagam,” tuturnya.

Lomba Semuanya dari TUB dan baris berbaris berdurasi 30 menit, namun untuk yang TUB dikasih tambahan waktu 10 menit untuk persiapan.

Adapun aspek-aspek yang dinilai, untuk Lomba TUB antara lain terdiri dari unsur pembina dan pemimpin upacara, unsur pembawa teks Pancasila, unsur pengatur upacara, unsur pembaca teks UUD 45, unsur kelompok paduan suara, maupun unsur pengibar dan penurun bendera, kelompok paduan suara, dan unsur pembacaan doa.

TRENDING :  Tamzil Akan Jadikan Trade Center Sebagai Rumah Kreatif Kudus

Sedangkan untuk lomba baris-berbaris, yang dinilai antara lain unsur gerakan dasar di tempat, unsur gerakan berjalan, perubahan arah, gerakan variasi, unsur gerakan variasi, unsur kerapian pakaian dan disiplin maupun gerakan berjalan.

Dia menerangkan, tujuan dari lomba ini adalah dalam rangka memupuk rasa nasionalisme dan kebangsaan para siswa. Sekaligus meningkatkan kedisiplinan, mengenalkan karakter bangsa pada para siswa dan memupuk kekompakan antar mereka. “Kegiatan ini sudah masuk dalam program Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah dan Disdikpora Kabupaten Kudus,” ujarnya.

TRENDING :  Belasan Siswa SMPLB Negeri Purwosari Kudus Ikut USBN

WS menambahkan, lomba tata upacara bendera dan baris-berbaris ini sekaligus sebagai ajang persiapan para siswa sejak dini dan menjadi dasar bagi mereka untuk mengikuti ajang pemilihan Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) baik tingkat kota, provinsi, maupun nasional.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan seperti ini, para siswa sejak dari tingkat SMA sudah punya dasar-dasar yang bagus untuk menjadi anggota paskibra,” katanya.

Diharapkan, di masa-masa mendatang akan ada wakil dari Kabupaten Kudus yang terpilih menjadi anggota Paskibra Tingkat Nasional. (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :