Tanggapi Laporan Demokrat, Bawaslu Segera Investigasi

oleh

Pati,ISKNEWS.COM – Usai menerima laporan Ketua dan Pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Pati, Jum at (11-01-2019), terkait masalah pengerusakan Alat Peraga Kampanye (APK), Bawaslu Pati berjanji akan melakukan  investigasi pelaku pengerusakan baliho caleg dari Partai Demokrat.

Dengan menyertakan satu barang bukti baliho berukuran 3×4 yang dirusak, serta sejumlah berkas laporan pengurus DPC Demokrat Pati yang dipimpin langsung ketuanya, Joni Kurnianto menyampaikan tindakan yang tidak mengenakkan yang dialami partainya.

TRENDING :  UJI KOMPETENSI PENDIDIK SE EKS KARESIDENAN PATI

Namun, menurut penuturan Ketua Bawaslu Pati, Ahmadi, laporan tersebut belum bisa teregister , pasalnya ada persyaratan yang harus dipenuhi lebih dulu, diantaranya terlapor.

“Laporan, tinggal memenuhi terlapornya. Sementara ini kami segera investigasi atas pengerusakan baliho yang ditemukan pada Kamis pagi (10-01-2019) di Desa Waturoyo Kecamatan Margoyoso,” terang Ahmadi.

Lebih lanjut, jika persyaratan laporan pengerusakan sudah terlampir data terlapor maka perkara itu bisa diregistrasi. Untuk penyelesaian perkara itu juga dibatasi hanya 7 hari.

TRENDING :  Siraman Air Kembang Tandai Persiapan Pensiun

“Untuk bisa register, kami harus ada terlapor. Setelah itu ada waktu 7 hari penyelesaian,” terangnya.

Kasus pengerusakan baliho caleg Partai Demokrat, menurut Ahmadi bisa mengarah pada tindak pidana, karena sudah tertera dalam Undang-Undang nomor 7 tahun 2013 tentang Pemilu.

“Ini salah satu edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat. Ini juga jadi kontrol dari kami,” imbuhnya.

TRENDING :  SBY Lantik dan Kukuhkan DPC Partai Demokrat Pati

Sebelumnya diberitakan pengerusakan baliho caleg Partai Demokrat terjadi di Desa Waturoyo Kecamatan Margoyoso. Baliho tersebut dipasang oleh Pengurus Anak Cabang (PAC) melalui Pengurus Ranting Demokrat Margoyoso pada Rabu malam (9-01-2019), namun pada keesokan harinya ditemukan sudah roboh dan terdapat sobekan pada gambar caleg. (IN/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :