Tangkal Virus Wannacry, KPP Pratama Jepara Gunakan Jaringan Intranet

by
isknews

Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Serangan virus Wannacry yang menyerang jaringan internet di seluruh dunia juga diwaspadai oleh Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Jepara. Kini, sementara KPP Pratama tak menggunakan jaringan internet. Pelayanan pada masyarakat menggunakan jaring intranet. Yaitu, jaringan yang terhubung ke lokal Kementerian Keuangan.

Hal ini disampaikan oleh Kepala KPP Pratama Endaryono, Selasa (16/5/2017). Menurut Endar, selain menggunakan intranet, pihaknya juga menggunakan perangkat lunak antivirus berlisensi yang terinstal di setiap unit komputer. Serta menggunakan sistem operasi windows terbaru.

isknews

Menurut Endaryono, langkah antisipasi itu agar kerahasian wajib pajak terjamin. Pasalnya, jika virus wannacry menyerang jaringan dikhawatirkan data WP bocor dan lenyap. “Kerahasiaan data WP kita jaga betul, sebab jika data WP sampai bocor, maka semua transaksi keuangan WP dapat diketahui. Itu sebabnya kami tekankan kepada seluruh karyawan untuk berhati-hati menggunakan jaringan,” imbuhnya.

TRENDING :  Satpol PP, Satlinmas dan Damkar Diminta Ikut Sukseskan Pilgub 2018

Endaryono melanjutkan, pihaknya juga menyerukan kepada seluruh karyawan agar tidak browsing internet dengan modem pribadi di dalam perangkat komputer yang terhubung jaringan Kemenkeu. Serta tidak mengunggah data lewat USB di perangkat yang terhubung jaringan.

TRENDING :  “Boboran” Penjual Di Dandangan Ramai-ramai Banting Harga

Lebih lanjut Endaryono menyatakan, hingga kini pihaknya memastikan jika sampai saat ini jaringan sistem di KPP Pratama masih aman. Pengalihan jaringan internet ke jaringan intranet pun tak mengganggu pelayanan pada masyarakat. “Meskipun masih aman, langkah antisipasi tetap kita lakukan demi keamanan data kita,” jelasnya. (ZA)

TRENDING :  Pemkab Rembang Bersiap Sabet 2 Penghargaan Bergengsi

KOMENTAR SEDULUR ISK :