Tanjungrejo atau Tanjungmojo?

by
ISKNEWS.COM
Foto: Kantor Balai Desa Tanjungrejo yang dilihat dari beberapa sisi, Selasa (13-03-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COMDesa Tanjungrejo yang terletak di Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus ini dahulunya merupakan sebuah hutan belantara. Sebelum menjadi sebuah Desa, dahulu daerah tersebut berupa perdusunan yang terdiri dari tiga dusun, yakni Patihan, Beji dan Kedungmojo.

Menurut cerita, awal mula Dusun Patihan berawal dari perjalanan seorang patih, dari sebuah kerajaan yang hendak berkunjung ke kediaman Sunan Muria. Karena perjalanan yang ditempuh sangat jauh, menjadikan patih tersebut kelelahan dan beristirahat di suatu daerah yang kini di kenal sebagai Dusun Patihan.

“Ada versi lain yang menyebutkan bahwa dahulu daerah tersebut merupakan sebuah Kerajaan. Saya kurang tau nama kerajaanya apa. Konon kabarnya, di Kerajaan tersebut memiliki banyak patih, sehingga daerah bekas Kerajaan tersebut dinamakan Dusun Patihan,” kata Sekertaris Desa Tanjungrejo, Nahrawi (52), Selasa (13-03-2018).

TRENDING :  Kemeriahan Memperingati 1 Muharram 1437 H Di Dusun Goleng, Ratusan Warga Berebut Gunungan Hasil Bumi
ISKNEWS.COM
Foto: Kantor Balai Desa Tanjungrejo yang dilihat dari beberapa sisi, Selasa (13-03-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM)

Beranjak ke Dusun Kedungmojo, yang terletak di bagian timur Desa Tanjungrejo. Berdasarkan cerita masyarakat setempat, bahwa di Dusun tersebut terdapat sebuah aliran sungai yang memiliki kedung atau lubuk (bagian sungai yang memiliki permukaan begitu dalam -red).

TRENDING :  Geliat Penulis Kota Kretek

KOMENTAR SEDULUR ISK :