Tanjungrejo atau Tanjungmojo?

by
ISKNEWS.COM
Foto: Kantor Balai Desa Tanjungrejo yang dilihat dari beberapa sisi, Selasa (13-03-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM)

“Di Kedung tersebut, terdapat sebuah gundukan tanah yang ditumbuhi oleh pohon mojo. Dari situlah, masyarakat mengenal daerah tersebut dengan sebutan Dusun Kedungmojo. Akan tetapi kini gundukan tanah dan pohon tersebut sudah tiada,” ungkapnya.

Kemudian untuk Dusun Beji, Nahrawi menuturkan bahwa sampai saat ini masyarakat tidak ada yang mengetahui bagaimana asal usul pemberian nama tersebut. “Di Dusun tersebut terdapat dua makam mubaligh, yakni Mbah Buyut Banjar dan Mbah Buyut Kudur. Kemungkinan yang memberi nama Beji adalah mereka,” ucap Nahrawi.

Dari dusun-dusun tersebut, lalu bergabung menjadi sebuah Desa yang diberinama Tanjungrejo. Nama tersebut diambil, dari kondisi daerah tersebut yang dahulu merupakan hutan belantara yang banyak ditumbuhi oleh pepohonan. Diantara sekian banyak pohon yang tumbuh, di dominasi oleh pohon tanjung.

TRENDING :  Festival 1000 lentog
ISKNEWS.COM
Foto: Kantor Balai Desa Tanjungrejo yang dilihat dari beberapa sisi, Selasa (13-03-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM)

Nama tanjung diambil dari pohon tanjung, sedangkan nama rejo diambil dari bahasa sansekerta yang berarti banyak. Dengan kata lain, nama Tanjungrejo diambil dari banyaknya pohon tanjung yang tumbuh di daerah tersebut.

TRENDING :  Uji Coba Perdana Persiku Tumbang, Yayat Sebut “Chemistry” Belum Terbangun

KOMENTAR SEDULUR ISK :