Target BLK Pati Bekali Ketrampilan Ribuan Warga

oleh
Foto: Para peserta pelatihan di UPTD BLK Pati menunjukkan hasil karyanya, Rabu (18-04-2018) (ivan nugraha/ISKNEWS.COM)

Pati, ISKNEWS.COM – Balai Latihan Kerja kembali menggelar pelatihan ketrampilan bagi warga Pati. Bahkan, untuk tahun ini ditargetkan mampu memberikan ketrampilan bagi ribuan warga. Diharapkan dengan program itu akan mampu memunculkan bibit wirausahawan baru.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Tri Haryama kepada awak media saat menghadiri penutupan pelatihan peningkatan kompetensi di UPTD BLK, Rabu (18-04-2018).

Dia mengatakan, tahun ini ada 80 paket pelatihan yang telah disiapkan. Untuk setiap paketnya mampu diikuti 20 orang peserta didik. Dengan begitu total diharapkan bisa memberikan pelatihan bagi sekitar 1.600 peserta.

TRENDING :  Lagi Angkut Kayu Jati Curian, Pria Ini Dikeler Polisi

“Kami ingin memberikan ketrampilan khususnya bagi warga masyarakat Pati yang produktif yakni yang berusia 18 sampai 60 tahun. Namun utamanya kami harapkan bisa dimanfaatkan bagi anak muda, sehingga semangat berkaryanya masih kuat,” terang Tri Haryama.

Diharapkan, dengan pelatihan ketrampilan tersebut pesertanya dapat termotivasi untuk membuka usaha. Sehingga taraf kesejahteraan dan perekonomiannya juga terangkat.

TRENDING :  Tradisi Wiwit Menjelang Panen Padi Hampir Punah

“Maka dari itu, kami berharap momen ini dapat dimaksimalkan dengan baik oleh warga. Apalagi semuanya gratis. Mulai dari pendaftaran dan fasilitasnya juga sudah disiapkan,” tambahnya.

Kepala UPTD BLK, Jayus dalam sambutannya menambahkan penutupan itu merupakan tahap ketiga yang digelar pada tahun anggaran ini. Untuk jurusan yang ditawarkan pun begitu menarik dan yang tengah dibutuhkan pasar saat ini.

“Ada sembilan kejuruan. Seperti mekanik junior sepedamotor, operator basic office, teknisi lemari pendingin, teknisi mebel, menjahit, juru las, pemrosesan hasil pertanian, membatik, hingga kecantikan kulit dan rambut,” terangnya.

TRENDING :  Asosiasi Driver Online Jateng Tanggapi Penolakan Angkutan Berbasis Aplikasi

Bahkan para peserta didik juga dilakukan proses sertifikasi untuk lebih memantapkan hasil lulusannya. Dari yang telah dilakukan hampir 98 persen diantaranya berhasil lulus dalam sertifikasi.

“Untuk mendaftar ke BLK cukup mudah, tinggal datang ke kantor ataupun bisa diakses lewat internet,”imbuhnya. (IN/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :