Tari Gempita Pesisir Pesantenan Representasikan Kehidupan Masyarakat Pati

by
ISKNEWS.COM
Tarian Gempita Pesantenan tampil dalam acara penyambutan Plt Gubernur Jawa tengah beberapa waktu lalu. (istimewa)

Pati, ISKNEWS.COM – Tari Gempita Pesisir Pesantenan merupakan tari kolosal hasil karya Budiono. Tari ini merupakan tari yang mencerminkan dari budaya kehidupan yang dilakukan setiap hari oleh masyarakat Kabupaten Pati.

Garapan apik karya Budiono bersama sanggar seni tari Paringga Jati Laras Pati, ini mampu memukau penonton ketika tampil dalam acara Bulan Bhakti Gotong Royon Beberapa hari yang lalu.

“Tarian tersebut menceritakan tentang keberagaman dan kearifan budaya lokal di Pati. Bahkan aktivitas masyarakat juga digambarkan dalam tarian pesantenan tersebut,” ungkapnya, Selasa (1/4/2018).

TRENDING :  Tingkatkan Mutu dan Kompetensi, Ratusan Pengelola PAUD di Kudus Ikuti Diklat

Kehidupan masyarakat Pati tercermin dalam suguhan fenomenal, tidak hanya melibatkan orang dewasa namun dalam tarian tersebut juga melibatkan anak-anak dalam membumbui setiap ritme alunan music tradisional Pati. Lenturan tubuh anak-anak dalam memerankan setiap gerakan terkesan nyata bahwa anak-anak Pati mempunyai kepandaian dalam mencapai karya. Namun tidak meninggalkan tujuan kebersamaan dalam wujud gotong royang.

TRENDING :  Pemuda Ini Ciptakan Miniatur Kapal Dari Limbah Kertas

“karakter masyarakat pedesaan adalah tidak meninggalkan gotong royong. Jadi, baik mulai anak-anak maupun orang desa, berperan aktif dalam tarian tersebut. Kalau karakter anak-anak lebih suka bermain, maka dalam tarian itu juga digambarkan sebagaimana karakternya. Begitu juga dengan nelayan dan petani,” imbuhnya.

TRENDING :  Pemdes Sukorukun Lantik Empat Pejabat Baru

KOMENTAR SEDULUR ISK :