Tekan Beaya Operasional PD Apotek Kudus Lakukan Efisiensi

Tekan Beaya Operasional PD Apotek Kudus Lakukan Efisiensi

Kudus, isknews.com – Dalam upaya menekan beaya operasional, Perusahaan Daerah (PD) Apotek Kabupaten Kudus, melakukan efisiensi. Efisiensi tersebut meliputi semua bidang, mulai dari pengurangan beaya-beaya yang dirasa tidak perlu dan jumlah pegawai, sampai penutupan empat cabang PD Apotek milik Pemkab Kudus itu.

Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Kudus, Dwi Agung Hartono, yang dihubungi isknews.com, Selasa (07/06), di ruang kerjanya, mengatakan hal itu. Menurut dia, PD Apotek Kudus, selama tiga tahun berturut-turut, 2014 – 2017, selalu mengalami kerugian yang cukup besar. Penyebabnya, diantaranya pelayanan PD Apotek yang satu atap dengan RSUD Lukmonohadi, serta adanya kebijakan pemerintah pusat tentang pengalihan Askes ke BPJS, “Padahal pemasukan PD Apotek yang terbesar adalah dari masyarakat pengguna Askes.”

Dia menjelaskan, kerugian yang dialami oleh PD Apotek Kudus itu, tentu saja tidak boleh dibiarkan terus menerus terjadi. Untuk itulah, dalam rangka pembenahan, perlu dicermati dan dievaluasi terhadap penanganan manajemen PD Apotek Kudus. Dari hasil evaluasi itulah diambil keputusan untuk melakukan efisiensi di semua bidang yang dipandang perlu. Efisiensi untuk mengurangi beaya operasional, diantaranya pembayaran rekening telepon, listrik dan bahan bakar minyak operasional mobil dinas. “Hasil dari efisiensi itu, pada akhir TA 2016 lalu, kas operasional PD Apotek Kudus, bertambah Rp 9.000.000. Itu artinya PD Apotek Kudus sudah tidak lagi mengalami kerugian.”

Mengenai banyaknya apotek milik perseorangan di Kabupaten Kudus, hal itu merupakan wewenang pemerintah pusat, sehingga Pemkab tidak bisa berbuat apa pun, terhadap keberadaan apotek di Kudus yang jumlahnya sekarang ini mencapai 120 unit itu. “PD Apotek Kudus tidak merasa tersaingi dengan jumlah apotek yang ada di hampir setiap desa, di Kabupaten Kudus itu,” tegas Kabag Perekonomian Setda Kabupaten Kudus itu.(DM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :
TRENDING :  Manfaat Teh Bunga Rosella

Share This Post

Post Comment

*