Tempa Jiwa Pemimpin 85 Calon Degal Pramuka SMP 1 Dilatih LKP

oleh
Latihan PBB dan Upacara oleh peserta LKP SMP1 Kudus (Foto: Talitha)

Kudus, isknews.com – Sebanyak 85 calon Dewan Galang dan 77 Dewan Galang (Degal) Pramuka penggalang SMP Negeri  1 kudus berkumpul dan berkegiatan di halaman sekolah, acara yang berlangsung selama 2 hari tersebut adalah Latihan Kepemimpinan Pramuka (LKP).

Kegiatan yang juga banyak diisi materi keterampilan dan game itu di maksudkan untuk membentuk dan meningkatkan mentalitas dan daya kemandirian dari anggota penggalang yang terpilih sebagai Dewan Galang pramuka dari sekolah tertua di Kudus itu, Minggu (12/08/2018).

Seperti namanya dewan galang adalah suatu dewan kepramukaan yang beranggotakan pramuka usia penggalang yang terdiri atas para pemimpin regu, wakil pemimpin regu, pemimpin regu utama atau Pratama dan Pratami, Pembina Pramuka Penggalang dan para Pembantu Pembina Pramuka Penggalang.

Menurut Pembina pramuka SMP Negeri 1 Kudus, Sumono yang di temui di lokasi pelatihan kepemimpinan menyampaikan, maksud di gelarnya acara ini adalah, untuk membentuk jiwa kepemimpinan atau jiwa kebersamaan tanpa pilih kasih, meningkatkan kemampuan bekerjasama dalam masyarakat sehingga menimbulkan rasa gotong royong.

“Tak hanya itu dalam latihan ini juga akan diberikan bagaimana seorang Degal mampu memonitor dan mengadministrasikan semua kegiatan dengan baik dan benar, mengembangkan hubungan antar instansi atau masyarakat,” kata guru yang juga membidangi kesiswaan di SMP 1 Kudus,” terangnya.

Peserta LKP ikuti Gelar Api Unggun, Pentas Seni dan Game pembentukan karakter kepemimpinan (Foto: Talitha)

Sementara itu Raisa Saffanahati Rasyada, pratami yang merupakan panitia kegiatan tersebut kepada reporter ini menyampaikan, dalam pelatihan ini juga diajarkan memebentuk jiwa demokratis dan bagaimana menyusun suatu kegiatan dengan matang dan mendekati kesempurnaan

“Ketua Dewan Penggalang adalah Pratama. Pratama, sekretaris dan bendahara yang dipilih oleh anggota Dewan Penggalang, pembina dan Pembantu Pembina Penggalang, mereka juga harus bisa bertindak sebagai penasehat, pengarah dan pembimbing, serta mempunyai hak mengambil keputusan terakhir dalam hal-hal yang dinilai membahyakan peserta didik,” ujar siswi kelas 9 tersebut.

Hari pertama Sabtu (11/08/2018) usai upacara pembukaan diisi dengan kegiatan latihan Peraturab Baris Berbaris (PBB), dilanjutkan dengan api unggun dan pentas seni yang diikuti oleh seluruh peserta LKP. Pada hari kedua paginya dilakukan senam bersama, game dan penutupan kegiatan.

Reporter : Talitha Danish Safira (Student Journalist SMP Negeri 1 Kudus)

KOMENTAR SEDULUR ISK :