Tempat Ini Dulu Pernah Jadi Pasar Hewan Pertama di Kudus

oleh
Tempat Ini Dulu Pernah Jadi Pasar Hewan Pertama di Kudus
Foto: Bagian selatan Hypermart Kudus yang dahulunya pernah menjadi Pasar Hewan Pertama di Kudus. Rabu (12-09-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Tak disangka, mall yang terletak di selatan Tugu Identitas ini dahulu pernah menjadi Pasar Hewan Pertama di Kabupaten Kudus. Letaknya yang strategis dan dekat dengan jantung kota, membuat lokasi tersebut sangat cocok digunakan sebagai pusat perdagangan.

Diungkapkan oleh petugas retribusi Pasar Hewan Kudus, Sudadi, bahwa sekitar tahun 1960-an selatan Tugu Identitas atau yang kini menjadi Hypermart pernah digunakan sebagai Pasar Sayur, Terminal dan Pasar Hewan Kudus.

“Kata orang tua saya, dahulu sekitar tahun 1960-an Hypermart merupakan terbagi menjadi tiga bagian. Di sebelah utara, dahulu digunakan sebagai Pasar Sayur. Sebelah tengah digunakan sebagai Terminal Kudus dan sebelah selatan digunakan untuk Pasar Hewan,” jelasnya.

TRENDING :  Truk Besar Muat Besi Terguling Timpa Rumah di Kudus

Sudadi mengungkapkan, pada tahun 1969 Pasar tersebut kemudian dipindahkan ke kawasan persawahan Jati Wetan yang kini menjadi Koramil, Puskesmas dan Polsek Jati. Kepada isknews.com, ia mengatakan tidak tahu alasan pemerintah memindahkan Pasar Hewan ke sana.

“Mungkin dari segi tata ruang kota kurang pas, jika Pasar Hewan diletakkan di dekat pusat kota. Karena itu, dipindah,” duganya.

Setelah 17 tahun di kawasan persawahan Jati Wetan. Sudadi mengatakan pada era Soedarsono sebagai Bupati Kudus, tepatnya pada tahun 1985, Pasar Hewan tersebut dipindahkan kembali ke sebelah timur RS Mardirahayu yang kini. Diterangkannya, saat itu pemindahan dilakukan karena darerah itu akan digunakan sebagai kawasan perkantoran Kecamatan Jati.

TRENDING :  Si Jago Merah Melalap Rumah Warga Growong Lor

Lama mendiami lokasi di timur RS Mardirahayu, membuat kawasan tersebut disebut masyarakat sebagai daerah Sarbo atau Pasar Kerbau. “Di dekat Mardirahayu cukup lama dari tahun 1985 sampai Desember 2017. Saking lamanya, masyarakat kerap menyebut daerah tersebut dengan sebutan Pasar Kerbau atau Sarbo. Soalnya sebagian besar hewan yang dijual di Pasar adalah Kerbau, makanya masyarakat menjulukinya begitu,” ujarnya.

TRENDING :  Pengalaman Lucu dan Menyebalkan Saat Pendataan PIS PK

Pada Desember tahun 2017 atau era Mustofa sebagai Bupati Kudus, Pasar Hewan dipindahkan ke Jalan Lingkar Timur Kudus sampai saat ini. Kini, bangunan bekas Pasar Hewan dialihfungsikan menjadi Pasar Burung dan Barang Bekas Kudus.

Meskipun telah beberapa bulan dipindahkan. Namun sampai saat ini masih ada masyarakat yang menyebut kawasan tersebut sebagai Sarbo. “Masih banyak yang bilang seperti itu. Misalnya ada yang tanya, rumahmu Jati Wetan sebelah mana, apanya Sarbo?” contohnya sambil tertawa. (NNC/WH).

KOMENTAR SEDULUR ISK :