Temuan BPK ditindaklanjuti, DPRD terima LPJ ABPD Kabupaten Kudus 2014

Temuan BPK  ditindaklanjuti, DPRD terima LPJ ABPD Kabupaten Kudus 2014

 

KUDUS-isknws.com-Berkaitan dengan adanya beberapa temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, atas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Kudus tahun anggaran 2014, telah ditindaklanjuti dan diupayakan semua terselesaikan sesuai rekomdasi BPK RI.

Bupati Kudus H Musthofa mengatakan hal itu, Selasa (23/60, dalam sambutannya pada Rapat Paripurna Laporan Komisi-komisi DPRD, tentang Persetujuan atas Ranperda Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupeten Kudus TA 2014, di ruang sidang utama DPRD Kabupaten Kudus. Sidang dipimpin langsung Ketua DPRD Masan SE. Hadir unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda), kepala instansi dan SKPD, kepala pemerintahan tingkat kecamatan dan desa/kelurahan.

TRENDING :  Bupati Kudus Percepat Akses Keuangan Daerah,Menggagas Desa Pandai bersama OJK

Dalam sidang tersebut, semua komisi, yakni Komisi A, B, C dan D, secara bulat menyatakan menerima dan menyetujui Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Kudus TA 2014, dengan beberapa catatan dan saran, yang sebagian besar menyangkut tentang adanya temuan BPK RI.

Hal itu seperti disampaikan oleh Komisi A yang diketuai oleh Mardiyanto SH, yang menyarankan agar bagi SKPD yang terdapat evaluasi dari temuanm BPK segera ditindaklanjuti sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Untuk itu Inspektorat diminta berperan aktif mengawasi dan membina SKPD yang terkait ada temuan BPK, untuk secepatnya menindaklanjuti rekomendasi BPK.

TRENDING :  Bupati Kudus Setujui Dibentuknya Tim Penanggulangan Dan Pengentasan Kemiskinan

Catatan mengenai adanya temuan BPK, juga disampaikan oleh Komisi D yang diketuai oleh Muchosiron S Ag, yang menegaskan pemeriksaan BPK dan Inspektorat kepada SKPD pada tahun mendatang agar jangan sampai terulang lagi. Untuk itu, dalam penyusunan perencanaan agar dibuat sematang mungkin, dengan memberdayakan tenaga ahli yang memiliki kuaslitas SDM yang dibutuhkan.

Bupati H Musthofa, dalam sambutannya lebih lanjut, menjelaskan, sebagaimana diketahui bersama, bahwa Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD TA 2014 telah diaudit oleh BPK RI dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dan kemudian telah dilakukan pembahasan dengan DPRD.

TRENDING :  Bupati Dalam Rapat Paripurna DPRD : Belanja Pegawai Alami peningkatan Rp 25 Miliar lebijh

Adapun realisasi APBD Kabupaten Kudus TA 2014 itu adalah sebagai berikut, APD 2014 ditetapkan sebesar Rp 1.585.733.326.000, dalam pelaksanaannya terealisir 101,55%, yakni sebesar Rp 1,610.237.914,00. “Sedangkan alokasi ABD TA 2014, ditetapkan sebesar Rp 1.815.266.664.000, terealisir Rp 1.508.269.213.968, atau sebesar 83,09% dari target.”(Darmanto Nugroho)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post