Temukan Daun Pucuk Merah Untuk Sabun, Siswa SMPN 5 Juara LPSN

by

Pati, isknews.com (Lintas Pati) – SMPN 5 Pati berhasil menjadi juara I dalam Lomba Penelitian Sains Nasional (LPSN) tingkat Kabupaten Pati , yang diselenggarakan pada Juli 2017 lalu.

Tiga siswa yang tergabung dalam tim peneliti SMPN 5 Pati berhasil meneliti sabun mandi yang berbahan baku daun pucuk merah, mampu menyingkirkan beberapa pesaing dari sekolah lain dalam perhelatan lomba bergengsi tersebut, untuk bidang IPA dan Lingkungan.

TRENDING :  Terganjal Bahasa, Penyidik Satreskrim Polres Pati Bakal Datangkan Penerjemah

Tim yang terdiri dari Intan Nur Alfiyah, Deviana Indah Pratiwi dan Mazaya Deaswara Kinanti ini mampu mengubah daun pucuk merah menjadi sabun yang memiliki khasiat bagi kesehatan kulit tanpa campuran bahan kimia.

TRENDING :  Dua Ribu Pohon Ditanam Untuk Penghijauan di Kecamatan Tambakromo

“Setelah dilakukan uji laboratorium di Universitas Negeri Semarang (UNNES) teryata daun pucuk merah ini memiliki kandungan saponin atau pembusa alami. Dari hasil uji laboratium itu, kemudian kita kembangkan penelitian ini lebih lanjut hingga menjadi sabun,” ujar Intan, perwakilan tim dari SMPN 5 Pati.

TRENDING :  Kafilah Jawa Tengah Juara Umum, Rembang Sumbang 8 Piala

Bukan hanya itu saja, daun pucuk merah tersebut juga memiliki khasiat untuk pengobatan antikanker, diabetes dan beberapa penyakit lainnya. Hal itu dinilai sangat positif jika penelitian itu dikembangkan menjadi sebuh produk.

KOMENTAR SEDULUR ISK :