Terbentuknya BUMDes Masih Sebatas Embrio

by
ISKNEWS.COM

Blora, isknews.com (Lintas Blora) – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Blora baru terdapat 16 unit yang berdiri, dari 271 desa yang tersebar di wilayah setempat. Dari sejumlah BUMDes tersebut hanya sebatas embrio dan belum sepenuhnya berjalan. Hal itu diungkapkan oleh Kabid Pemberdayaan Masyarakat Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Blora, Kustanto Muji Harjono.

TRENDING :  Peringatan HUT Bhayangkara ke-71, Polres Blora Antisipasi Serangan Teror

ISKNEWS.COM

Menurutnya, masih banyak yang perlu disampaikan kepada Desa. Pasalnya masih banyak Kepala Desa yang masih bingung dalam menentukan bidang usahanya. “Karena Baru tahun 2017 ini digalakkan oleh kementerian. Yang diharapkan bisa terbentuk. Sehingga pada tahun 2018 sudah punya gambaran untuk menentukan bidang usaha apa yang akan dijalankan,” terangnya.

TRENDING :  Bupati Pati Ingatkan Pendataan Ulang Aset Desa

Di Blora, lanjut dia, belum ada BUMDes yang berjalan dengan baik. “Kalau pun ada baru belajar berjalan. Perlu adanya sosialisasi dulu, BUMDes itu apa dan tujuanya apa. Yang ada saat ini masih sebatas embrio,” terangnya. Harapanya, lanjut dia, dengan berjalannya BUMDes nanti bisa berkontribusi ke Desa saat Dana Desa tidak ada lagi atau turun drastis.

TRENDING :  Dimulai Senin Hari Ini Lomba Desa Tingkat Kabupaten Kudus

KOMENTAR SEDULUR ISK :