Terdakwa Anggota BIN Dan Kopasus Gadungan Divonis 3 Bulan Penjara

oleh

Kudus, isknews.com – Bertempat di ruang persidangan Cakra Pengadilan Negeri Kabupaten Kudus,  sidang Lanjutan dengan agenda pembacaan putusan hukuman oleh Majelis Hakim terhadap terdakwa atas nama Juli Efendi Hutapea alias Ir Jepson Sandi Wilsa bin Berson Hutapea, terdakwa yang disidangkan karena mengaku sebagai anggota Badan Intelijen Nasional (BIN) dan Kopassus gadungan serta  pelanggaran hukum lainnya (22/6).

Terdakwa yang merupakan warga dengan alamat komplek Sekneg RI Blok C Nmr 17 rt 01 Rw 06 Kelurahan Grogol Selatan Kec Kebayoran lama Jakarta Selatan, dalam persidangan  yang  banyak dihadiri pengunjung dan wartawan, persidangan dipimpin oleh Wjawiyata SH. Sebagai  Hakim ketua, dengan hakim anggota Muh. Nur azizi, SH, Maria Rina Sulistiawati SH M.Hum,  Panitera Pengganti, Eko Sri Puji SH sedangkan sebagai  Jaksa Penuntut Umum adalah Eko Yulianto SH.

TRENDING :  Tebar Ancaman Teror, Dua Pelajar Berurusan Dengan Hukum

Agenda dalam sidang tersebut adalah  Pembacaan Amar Putusan Penjatuhan Hukuman oleh Majelis Hakim.  Adapun dalam keputusan penjatuhan hukuman oleh Majelis Hakim kepada terdakwa adalah yang dibacakan oleh hakim ketua adalah sebagai berikut,  Bahwa sdr.Juli Efendi Hutapea alias Ir. Jepson Sandi Wilsa bin Berson Hutapea  secara sah dan meyakinkan tanpa hak menguasai dan memiliki senjata tajam berupa pisau belati, tanpa adanya surat ijin kepemilikan dari pihak terkait.

Dilanjutkannya oleh hakim Wijawiyata, “Terdakwa sdr. Juli Efendi Hutapea alias Ir Jepson Sandi Wilsa bin Berson Hutapea alamat komplek Sekneg RI Blok C Nmr 17 rt 01 Rw 06 Kelurahan Grogol Selatan Kec Kebayoran lama Jakarta Selatan secara sah terbukti melanggar pasal 2 ayat 1 undang undang darurat no 20 tahun 1991 tentang kepemilikan senjata tajam” ucapnya.

TRENDING :  Satu Napi Rutan Kelas 2B Kudus Dapat Remisi Natal

Menjatuhkan pidana kurungan penjara selama 3 bulan dipotong masa tahanan terhadap terdakwa Juli Efendi Hutapea alias Ir Jepson Sandi Wilsa bin Berson Hutapea, “Terdakwa berhak untuk mengajukan keberatan dan atau tidak mengajukan keberatan terhadap keputusan Majelis Hakim.  Kepada terdakwa diberi waktu 7 hari untuk menolak atau menerima serta membatalkan sikap menerima atau menolak terhadap keputusan majelis hakim selama kurun waktu 7 hari tersebut,” tambah hakim ketua.

Sidang penjatuhan hukuman pada hari ini merupakan sidang ke 4 dari proses persidangan terhadap kasus penipuan mengatas namakan anggota BIN dan Kopassus yang dilakukan oleh Juli Efendi Hutapea alias Ir Jepson Sandi Wilsa bin Berson Hutapea terhadap sdri. Rahayu Sulistyaningsih, teman dekat terdakwa, seorang perempuan warga Kudus yang beralamat di  Desa Purwosari Kecamatan Kota Kudus,  sehingga menyebabkan kerugian materiil sdri.Rahayu Sulistyaningsih sebesar Rp 180 Juta yang terjadi antara bulan Oktober 2015 – Maret 2016, dalam proses penuntutan hanya dikenakan pasal kepemilikan senjata tajam (belati dan 2 pisau lipat) dimana dalam Undang undang hanya personil satuan pengamanan, TNI dan Polri yang berhak memiliki dan menggunakan dengan syarat2 yang telah ditetapkan. Menanggapi vonis hakim tersebut terdakwa menyatakan pikir-pikir (YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :