Terinspirasi Kasus Saudaranya, Mahasiswa UMK Ini Rancang Aplikasi Deteksi Dini Kanker Payudara

by

Kudus, ISKNEWS.COM – Kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang menjadi momok bagi perempuan. Biasanya mayoritas pengidap kanker payudara baru mengetahui setelah dalam kondisi kronis. Hal ini salah satunya yang menjadi proses penyembuhan terlambat.

Tak pelak, pengetahuan untuk melakukan deteksi dini terhadap kanker payudara menjadi niscaya, sehingga bisa secepatnya diatasi jika ada gejala. Aplikasi deteksi dini kanker payudara kini sedang dirancang oleh Uswatun Hasanah, mahasiswa Program Studi Teknik Informatika (Prodi TI) Fakultas Teknik Universitas Muria Kudus (FT UMK).

Dia bersama tiga mahasiswa Prodi TI UMK lain. Aplikasi ini disebutnya “Sadari 3D Hologram Berbasis Android”. Bersama dengan Maulida Ni’matus Sholikhah, Muhammad Rieza Maulana dan Deni Kusuma Wijaya. “Sadari” merupakan akronim “Periksa Payudara Sendiri”.

TRENDING :  Persiapan Jelang Ngaji Bareng Masyayikh, Panitia Target kan 2000 Lebih Alumni TBS Hadir

Menurut Uswatun ide membuat aplikasi tersebut terinspirasi dari salah satu anggota keluarganya yang mengidap kanker payudara, dan baru diketahui setelah stadium dua. Padahal apabila diketahui sejak dini kemungkinan tidak akan sampai stadium dua.

TRENDING :  Pentingnya Ulangan Akhir Semester

Dari sinilah dirinya bersama tiga temannya kemudian mencoba merancang aplikasi ini. Harapannya bisa berkontribusi positif bagi masyarakat dalam memberikan pemahaman mengenai kanker payudara.

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Comments are closed.