Terkait Penggunan dana BOS, Kepala Inspektorat Kudus Panggil Sejumlah Kepala SMP-SMA

Terkait Penggunan dana BOS, Kepala Inspektorat Kudus Panggil Sejumlah Kepala SMP-SMA

Kudus, isknews.com – Inspektorat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus, memanggil sejumlah kepala sekolah menengah SMP dan SMU di Kabupaten Kudus, terkait penggunaan penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahun anggaran (TA) 2015. Diduga terkait dengan permasalahan administrasi, sejumlah sekolah harus mengembalikan kelebihan penggunaan dana BOS ke kas daerah atau negara.
Kepala Inspektorat Kabupaten Kudus, Adi Harjono, yang dihubungi isknews.com, Senin (29/8), di ruang kerjanya, mengatakan hal itu. Menurut dia, beberapa hari lalu, pihaknnya memang memanggil sejumlah kepala SMP dan SMU yang menerima bantuan dana
BOS TA 2015. Pihaknya mengambil langkah tersebut dalam rangka sejauh mana penyerapan dan penggunaan dana BOS yang diterima, apakah sudah sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan dan ketentuan yang berlaku. “Jika memang ada temuan penggunaan yang tidak sesuai ketentuan, tugas Inspektorat merekomendasikan agar jika ada kesalahan atau pelanggaran bisa dibenahi, sehingga negara tidak dirugikan.”
Dari hasil pertemuan dengan para kepala sekolah itu, ungkapnya lanjut, kesalahan atau yang ditemukan masih pada pelanggaran administrasi, belum sampai pada pelanggaran pidana. Sehingga cukup diselesaikan di tingkat Aparat Penegak Inspektorat (APIP). “Kalau pelanggarannya sudah menyangkut pidana, itu sudah menjadi urusan Aparat Penegak Hukum (APH), yakni kepolisian atau kejaksaan.”
Mengenai pengembalian kelebihan penggunaan dana BOS, sesuai dengan dari mana sumber dana itu berasal. Kalau dari daerah (BOSda), pengembalianya ke kas daerah. “Kalau bantuan yang diterima BOSnas, yakni sumber dananya nasional atau dari pemerintah pusat, pengembaliannya ke kas negara, ” tegas Kepala Inspektorat Pemkab Kudus itu. (DM)

BACA JUGA :  Siswa SD 1 Payaman Sabet Juara 1 Kelas B “ Bangau Ruyung Cup VII”

Share This Post