Terlanjur Dibongkar Gedung Ngasirah Batal Dibangun

Terlanjur Dibongkar Gedung Ngasirah Batal Dibangun

Kudus, isknews.com – Gedung wanita Ngasirah, kini kondisinya rata dengan tanah. Pembongkaran gedung yang letaknya di Jalan Sudirman itu, karena akan dibangun menjadi gedung pertemuan. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus, sudah menganggarkan Rp 10 miliar untuk membeayai pembangunan tersebut. Namun rencana itu dibatalkan, penyebabnya akibat adanya pengurangan Dana Alokasi Umum (DAU) pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) perubahan Kabupaten Kudus, Tahun Anggaran (TA) 2017.

Kepala Bidang Pengeloaan Aset Daerah Badan Pengelolaan Pendapatan, Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kabupaten Kudus, Edi Joko Pranoto, yang dihubungi isknews.com, Selasa (08/08), mengatakan hal itu. Menurut dia, pengurangan anggaran DAU APBD perubahan Kabupaten Kudus, mencapai 2 persen, atau sekitar Rp 16 miliar. Akibatnya sejumlah proyek pembangunan fisik pada 2017 ini dibatalkan. “Termasuk diantaranya proyek pembangunan Gedung Ngasirah yang dinilai belum begitu mendesak, juga belum dilakukan lelang, sehingga pembatalan itu tidak ada masalah.”

TRENDING :  Polair Cek Peralatan Keamanan Kapal Penyebrangan ke Karimunjawa

Dia selanjutnya mengungkapkan, untuk DAU APBD Kabupaten Kudus TA 2018, diperkirakan sebesar 4 persen, atau sekitar Rp 33 miliar. Langkah yang dilakukan terkait pemotongan dana DAU itu, adalah penyesuaian dan menginterisasi kegiatan proyek fisik yang akan dikurangi dengan mendahulukan kegiatan yang dibutuhkan oleh Pemkab Kudus.

“Perlu dijelaskan, pengurangan DAU itu tidak berpengaruh pada pembangunan, karena sekarang ini, sudah banyak proyek fisik yang mulai dikerjakan, termasuk kegiatan-kegiatan yang menjadi prioritas.” (DM)

TRENDING :  Persiku Kudus Kalah Yayat Mundur
KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post

Comments are closed.