Ternyata Ada Pesan Tersirat dari Tradisi Manganan

by
ISKNEWS.COM
Foto: Seorang Warga yang tengah melakukan tradisi manganan, Desa Cranggang, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Kamis (05-04-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Di tengah perjalanan isknews.com menyusuri ladang kencur yang ada di Desa Cranggang, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. Tanpa disengaja pandangan isknews.com tertuju pada sebuah aliran air dari salah satu ujung percabangan jalan.

Di ujung aliran air tersebut terlihat sebuah bangunan kecil yang nampak kurang terawat. Pada bangunan tersebut terlihat beberapa sarung yang digantungkan pada seutas tali. Dengan rasa penasaran yang besar, isknews.com memutuskan untuk melihat lebih dekat tempat tersebut.

Rimbunnya pepohonan yang ada di sekitar tempat tersebut menciptakan suasana yang begitu sejuk. Suara gemercik air dari sebuah belik kecil di sebelah barat bangunan, seolah menyambut kedatangan kami.

TRENDING :  Asal Usul Desa Jepang dan Masjid Wali Al Makmur

Sesampainya di depan bangunan kecil tersebut, terlihat sebuah keluarga kecil tengah berdoa dengan begitu khidmat. Di depan mereka terlihat sebuah ingkung (satu ekor ayam utuh yang dimasak opor -red) yang diletakkan dalam sebuah ember kecil.

TRENDING :  Jalan Diperbaiki Arus Lalu Lintas Kudus - Jepara di Jalan Lingkar Tenggara Tersendat

Usai berdoa, mereka kemudian menyantap ingkung bersama-sama. Kehangatan keluarga tergambar jelas di sana. Setelah menyantap ingkung, mereka membersihkan tangan dan wajah mereka dengan air belik tersebut. Lalu berkemas-kemas untuk meninggalkan tempat tersebut.

TRENDING :  Penghuni Gelar Pengajian, Eksekusi Rumah di Tanjungkarang Sempat Tertunda Beberapa Jam

KOMENTAR SEDULUR ISK :