Ternyata Beginilah Asal Usul Desa Besito

by
ISKNEWS.COM
Foto: Kantor Balai Desa Besito, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Sabtu (10-03-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Desa Besito, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, sejak lama dikenal oleh masyarakat sebagai sentra pekerja bangunan. Dari situ banyak orang beranggapan jika awal mula Desa Besito berasal dari kata besi dan bata, yang menjadi cerminan perekonomian masyarakatnya waktu itu. Benarkah hal tersebut?

TRENDING :  Lindu Aji Kudus Keberatan Stiker Organisasinya Ditempel Pada Sudut Sudut Dinding Juragane Café

Untuk memastikan hal tersebut, isknews.com menemui salah seorang tokoh masyarakat Desa Besito, Muhamad Ihsan (46), Sabtu (10-03-2018). Pada pertemuan tersebut, Ihsan sapaan karibnya mengatakan, jika Desa Besito terbentuk pada zaman penjajahan Belanda.

“Pada zaman dahulu di Kerajaan Mataram mengadakan sebuah sayembara, waktu itu banyak orang yang turut serta memeriahkan sayembara tersebut. Dari sekian banyak peserta, salah satunya adalah santri dari Sunan Kalijaga yang bernama Ki Ageng Selo,” kata Ihsan.

TRENDING :  Ini Solusi Atasi Ancaman Krisis Air di Kudus

Dengan persiapan yang matang, Ki Ageng Selo mempersiapkan diri mengikuti sayembara tersebut. Tak heran jika pada akhirnya Ki Ageng Selo dapat memenangkan sayembara tersebut. Setelah memenangkan sayembara tersebut, Ki Ageng Selo meminta hadiah kepada Raja Mataram. Akan tetapi, Raja tersebut mengingkakari janjinya tersebut.

TRENDING :  MUI Kudus Kutuk Aksi Bom Bunuh Diri di Surabaya

KOMENTAR SEDULUR ISK :