Terus Berbenah, Perpustakaan Kudus Tambah Fasilitas Baru

oleh -1,616 kali dibaca

Kudus, isknews.com – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Kudus berusaha memberikan fasilitas se-nyaman mungkin bagi pengunjungnya. Hal itu disampaikan Edy Supriyanto, Pelaksana tugas (plt) Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Kudus, Senin, (15/5/2017).

Fasilitas baru saat ini adalah dengan adanya 15 kursi yang berjajar rapi di jalan depan gedung Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Kudus. Adanya fasilitas tersebut, masyarakat memanfaatkan dengan sekedar duduk santai sambil menikmati jaringan internet wifi, “Selain itu ditaman halaman depan juga bisa berfoto “selfie”  bersama balon kecil yang tersusun rapi membentuk tulisan “I Love Book”.

Spot “selfie” sebagai penunjang terobossn baru Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kudus

Edy juga menegaskan, Satuan Kerja Perangkat Daerah atau SKPD, terkhusus untuk pelayanan publik, saat ini tidak hanya dituntut ramah melayani masyarakat, tetapi harus mengembangkan berbagai inovasi dalam pelayanannya. Berbagai perubahan harus siap dilalui untuk menggerakkan sesuai perkembangannya. “Layanan publik seperti ini, secara otomatis akan berpengaruh positif nantinya,” terangnya.

Sebagai dinas yang sifatnya pelayanan, perpustakaan selain sebagai tempat membaca dan meminjam buku, juga banyak dari mereka yang mengakses informasi melalui jaringan internet dengan fasilitas wi-fi yang sudah kami sediakan. “Meskipun koleksi judul buku masih kurang lengkap, namun kami tetap berusaha menambah koleksi dari berbagai disiplin ilmu,” Jelasnya.

Perpustakaan Kudus saat ini terus berbenah, hal tersebut terlihat dari banyaknya perubahan yang ada saat ini, yakni adanya kartu kepesertaan anggota yang berlaku seumur hidup, pelaksanaan nya sudah dimulai sejak 19 April 2017 lalu, dan sampai 15 Mei 3017 sudah mencapai 500 yang sudah terdata dan tersistem komputerisasi.

“Adapun untuk kartu keanggotaan yang lama, bisa langsung di ganti dihari yang sama, dengan cara mengisi lembar formulir dan foto ditempat,” Ujar Edy

Selain itu, lanjut Edy, pelayanan untuk penyandang difabel juga diperhatikan, lokasi tepatnya di samping tangga naik, menuju ruang buku perpustakaan uang berada dilantai 2. Selain ada rak buku yang berjajar rapi, juga ditempat menuju masuk kantor dan di toiletpun ada sarana pegangan untuk penyandang difabel.

Diharapkan dengan layanan fasilitas diatas, kesan jenuh akan hilang berganti dengan kenyamanan. Pada akhirnya perpustakaan menjadi tempat yang asyik buat memperkaya ilmu pengetahuan bagi semuanya. (AJ)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.