Terverifikasi, 24 Desa Belum Tuntas ODF

oleh

Rembang, ISKNEWS.COM (Lintas Rembang) – Sebanyak 24 desa di kabupaten Rembang, belum laksanakan Open Defecation Free (ODF). Termasuk 3 desa di kecamatan Kaliori yaitu Maguan, Sendangagung dan Gunungsari.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) kabupaten Rembang, Ali Syofi’i mengatakan, tercatat untuk Reward desa ODF tahun 2016 telah terdeklarasi sebanyak 102 desa /kelurahan Rembang. 50 desa telah mendapatkan reward sebesar @ Rp 50 Juta tahun anggaran induk 2017, sisanya akan diselesaikan tahun anggaran induk 2018.

TRENDING :  Pemuda Harus Ikut Andil Memberikan Kontribusi Pada Negara

“Sehingga bapak ibu kepala desa yang rewardnya belum cair januari Insya Allah segera cair”, Jelasnya.

Ia menjelaskan, di tahun 2017 terdapat 101 desa yang belum lolos ODF. Setelah diverifikasi oleh tim, ada 77 desa dinyatakan lolos ODF. Sehingga pada bulan Maret 2018 akan dilakukan verifikasi ulang kembali.

TRENDING :  Gelar Apel Dan Jalan Santai Demi Meriahkan Hari Ibu

Sebelumnya, Tim ODF Provinsi pada tanggal 18 Desember 2017 lalu, telah memverifikasi desa yang lolos ODF di Kabupaten Rembang. Hasilnya, ada beberapa desa dinyatakan belum lolos oleh tim ODF provinsi termasuk di desa Sendangagung.

Dirinya berharap, kepada kepala desa yang desanya belum lolos ODF supaya melakukan upaya percepatan. Sehingga ketika tim ODF Provinsi Jawa Tengah ketika bulan April mendatang hadir ke kabupaten Rembang, sudah lulus semua.

TRENDING :  Tugu Lilin dibongkar, Demi Percantik Wajah Kota

“Saya harap untuk kepada kepala desa agar pengupayakan percepatan ODF di desanya, agar bulan April mendatang kabupaten Rembang bisa bebas ODF semua,” pungkasnya. (RTW/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :