Tingkat Partisipasi Pemilih Di Kudus Meningkat

oleh
Tingkat Partisipasi Pemilih Di Kudus Meningkat
Foto: Suasana saat pencoblosan di salah satu TPS di Kudus. (Yuliadi Muhammad/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Meski keunggulan paslon nomor urut 5 sudah di prediksi oleh warga Kudus sejak sore usai pencoblosan, dimana paslon ini banyak mendominasi kemenangan di TPS-TPS, namun kemenangan tersebut seakan terkuatkan usai KPU Kudus melakukan rekapitulasi terhadap surat suara pada Pemilihan Bupati Kudus 2018 dengan ditanda tanganinya Berita Acara Hasil Rekapitulasi kemarin, Rabu (04/06/2018).

Pasangan Muhammad Tamzil dan Hartopo di pastikan akan memimpin Kabupaten Kudus, menyusul rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kudus 2018 di Aula KPU Kabupaten Kudus, dengan perolehan jumlah suara 213.990 suara atau 42,51 persen, sedangkan pasangan nomor urut 1 Masan/Noor Yasin hanya meraih dukungan 194.093 suara atau 38,55 persen.

TRENDING :  Uniknya Biola Bambu dari Japan

Ketua KPU Kudus, Moh Khanafi mengatakan, Kita akan tunggu selama 3x 24 Jam, bila tidak ada upaya hukum atau gugatan dari paslon yang lain, maka akan segera kita tetapkan,” katanya usai menutup Rapat Pleno Terbuka rekapitulasi.

Urutan berikutnya, pasangan Sri Hartini/Setia Budi Wibowo seanyak 76.792 suara atau 15,25 persen, pasangan Akhwan/Hadi Sucipto sebanyak 11.151 suara atau 2,22 persen, dan pasangan Nor Hartoyo/Junaidi sebanyak 7.393 suara atau 1,47 persen.

Menurut Moh. Khanafi, jumlah total suara pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kudus pada tanggal 27 Juni 2018 sebanyak 520.310 suara. Dari jumlah suara sebanyak itu, terdapat suara tidak sah berjumlah 16.891 suara.

TRENDING :  Event Sepekan Festival Al Qur’an Diawali Khataman Kolosal

Pada kesempatan tersebut, Moh. Khanafi menyampaikan terima kasihnya kepada semua pihak karena pelaksanaan Pilbup Kudus 2018 berjalan lancar dan suasana wilayah juga tetap kondusif.

Demikian halnya, kata Moh. Khanafi, selama rekapitulasi juga berjalan lancar dan kondusif.

Tingkat partisipasi pemilih di Kabupaten Kudus, kata Moh. Khanafi, sebesar 84,25 persen atau naik 4,75 persen dari data pilkada sebelumnya.

“Tingkat partisipasi pemilih pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jateng 2018 juga tinggi karena mencapai 84,26 persen,” ujarnya.

Lebih lanjut, Jumlah suara yang diperoleh pasangan nomor urut 1 sebanyak 348.352 suara dan pasangan nomor urut 2 sebanyak 125.243 suara.

TRENDING :  Pendapatan Kolam Renang Pemkab Kudus Minim

Berdasarkan data KPU Kabupaten Kudus, lanjutnya, hasil perolehan suara dari setiap kecamatan, pasangan Tamzil/Hartopo unggul di lima kecamatan, yakni Kecamatan Gebog, Dawe, Bae, Kota, dan Jekulo, sedangkan pasangan Masan/Yasin menang di empat kecamatan, yakni Kecamatan Kaliwungu, Mejobo, Jati, dan Undaan.

Pilbup Kudus 2018 diikuti lima pasangan calon, yakni pasangan Akhwan/Hadi Sucipto dan Nor Hartoyo/Junaidi yang sama-sama dari calon perseorangan, sedangkan Masan/Noor Yasin diusung PDI Perjuangan, PAN, Partai Demokrat, dan Partai Golkar.

Pasangan Muhammad Tamzil/Hartopo diusung PKB, PPP, dan Partai Hanura, serta pasangan Sri Hartini/Setia Budi Wibowo yang diusung Partai Gerindra, PKS, dan PBB. (AJ/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :