Tingkatkan Efektifitas Dan Produktifitas Birokrasi, Dishubkominfo Kudus Segera Aplikasikan Program SiMaya

Tingkatkan Efektifitas Dan Produktifitas Birokrasi, Dishubkominfo Kudus Segera Aplikasikan Program SiMaya

Kudus, isknews.com – Dalam rangka mewujudkan Sistem Elektronik Pemerintah (e-government) dalam administrasi, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Kudus dalam waktu dekat ini akan meluncurkan dan mengujicobakan  program sistem administrasi perkantoran secara elektronik yang terintegrasi atau yang disebut dengan siMAYA, pengembangan sistem Administrasi Perkantoran MAYA yang segera akan di aplikasikan di semua SKPD Pemkab Kudus ini disusun mengacu pada peraturan Menpan nomor 6 tahun 2011. Sosialisasi Sistem Administrasi Perkantoran Maya diterapkan adalah untuk meningkatkan efektifitas, dan produktifitas kerja, serta tertib administrasi di lingkungan Pemkab Kudus.

Dalam bincang-bincang dengan isknews.com, Selasa (8/7) di ruang kerjanya, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kudus, melalui Kabid Informatika dan Komunikasi, Satria Agus Himawan, menjelaskan, “Program si Maya ini merupakan tindak lanjut Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2015 dan elah ditetapkan dalam Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi tentang Road Map Reformasi Birokrasi 2010-2014, dimana dalam Road Map tersebut juga telah ditetapkan tujuan program penataan tata laksana yaitu meningkatkan efisiensi dan efektifitas bisnis proses dan mekanisme kerja/prosedur dalam sistem manajemen pemerintahan dengan target meningkatnya penggunaan teknologi informasi dalam proses penyelenggaraan manajemen pemerintahan dan meningkatnya efisiensi dan efektivitas proses manajemen pemerintahan” katanya.

BACA JUGA :  Ide Kreatif PKL GOR Wergu Wetan Ikut Ramaikan Wisata Malam "Taman Lampion"

Ditambahkannya, “Program ini untuk mewujudkan pengembangan sistem elektronik birokrasi terutama titik tekannya adalah pada sistem surat menyurat, proses disposisi, naskah dinas dan sebagainya, memepercepat proses administrasi, mempersempit jumlah meja birokrasi dalam sistem surat menyurat di lingkungan pemerintah Kabupaten Kudus.

“Sebagai pilot program kami akan aplikasikan program ini di lingkungan kami dahulu, sambil memantau kinerja sistem dan memperbaiki hal-hal yang dianggap masih memiliki kelemahan, sehingga ke depan program yang ada di lingkungan kantor kami ini bisa menjadi role model bagi seluruh SKPD yang ada di lingkungan Pemkab Kudus,” ujar Satria.

Masih menurutnya, “Implementasi siMAYA sendiri dapat dilakukan melalui 2 metode, yaitu metode cloud computing dan metode non cloud computing. Metode cloud computing dapat dimanfaatkan oleh Pemerintah Daerah yang tidak mempunyai sumber daya manusia (SDM) yang berkompeten untuk merawat infrastruktur dan tidak mempunyai anggaran yang cukup untuk pengadaan infrastruktur tempat siMAYA akan di install. Metode non cloud computing dapat dipilih oleh Pemerintah Daerah yang infrastrukturnya sudah stabil dan mempunyai SDM yang kompeten untuk melakukan pemeliharaan infrastruktur dan aplikasi,  kita akan evaluasi kedua metode ini” tandasnya. (YM/ES)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post