Tingkatkan Kualitas SDM, Pemkab Jalin Kerjasama Dengan UMK

oleh
Foto: Penandatanganan MoU Bupati Rembang, Abdul Hafidz dengan Rektor UMK, Suparnyo, Rabu (14-02-2018). (Rendy/ISKNEWS.COM)

Rembang, ISKNEWS.COMUniversitas Muria Kudus (UMK) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rembang, mengukuhkan kerjasama yang sudah terjalin selama ini. Pengukuhan jalinan kerjasama itu ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) di Ballroom Hotel Fave, Rabu (14-02-2018) pagi.

Bupati Rembang, Abdul Hafidz mengatakan, langkah kerjasama yang dilakukan pemkab ini menunjukkan komitmen untuk selalu mendampingi masyarakat Rembang. Dari kerja sama ini, kedepannya bisa diharapkan dapat memberi manfaat untuk kabupaten Rembang yang lebih maju.

“Pemkab selalu berupaya bagaimana Rembang bisa maju dan sejahtera, mudah-mudahan ini dapat memberikan manfaat untuk kemajuan Kabupaten Rembang,” ujarnya.

TRENDING :  Agar Tak Cemari Sungai, Pemkab Akan Buatkan Ipal Komunal Bagi Perajin Tahu

Lebih lanjut Bupati menerangkan, dalam kerjasama tersebut tentunya menguntungkan kedua belah pihak. Dan di sini pemkab mendapat keuntungan dalam peningkatan kualitas SDM di bidang pendidikan.

“Keuntungannya banyak, jadi pertama dengan MoU ini diharapkan prinsipnya saling menguntungkan, hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan dan pemberdayaan tentu nanti kami akan selalu berkoordinasi dengan UMK,” terangnya.

Bupati mengakui, tinggkat Sumber Daya Manusia yang masuk perguruan tinggi masih sangat minim. Dalam hitungan presentase se Kabupaten Rembang, kurang dari 20 persen SDM yang masuk perguruan tinggi.

TRENDING :  Kudus Bakal Kedatangan Grup Band "NAFF"

“Kami ingin dekat dengan perguruan tinggi, karena yang mampu untuk menggerakkan di semua sektor yaitu SDM. SDM kami masih rendah, indikatornya jelas SDM yang masuk perguruan tinggi di Rembang masih sangat minim, di bawah 20 persen,” ungkapnya.

Selain itu, Bupati juga mengatakan, siap jika di wilayah Kabupaten Rembang digunakan untuk program Kuliah Kerja Nyata (KKN). Program tersebut nantinya juga dapat membantu untuk memajukan masyarakat yang berada di wilayah Rembang.

TRENDING :  Meriah Festival Thong Thong Lek Di Rembang Malam Ini

“Kemudian nanti kalau ada KKN dari UMK kami siap menerima, itu salah satu bagian untuk meningkatkan pengetahuan di masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Rektor UMK, Suparnyo mengatakan, sebelumnya hubungan UMK dengan Kabupaten Rembang sudah dekat. Terbukti sekitar tahun 1996 pihak UMK pernah melaksanakan KKN di wilayah Lasem, Pancur dan beberapa tempat yang dilanjutkan angkatan selanjutnya.

“Keberadaan Universitas Muria Kudus dengan Kabupaten Rembang sudah dekat, sudah banyak alumnus UMK yang berkiprah di Rembang, namun kami ingin lebih dekat lagi,” pungkasnya. (RTW/AM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :