Tingkatkan Mutu Pendidikan, DPC HISPPI-PNF Helat Seminar Pendidikan

oleh -914 kali dibaca

Pati, isknews.com (Lintas Pati) – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Himpunan Seluruh Pendidik dan Penguji Indonesia Pendidikan Nonformal (HISPPI-PNF) Pati, menggelar seminar pendidikan yang berlangsung di Aula Pasar Pragolo, Sabtu (09/12/2017) siang.

Seminar yang mengusung tajuk peningkatan kompetensi pendidik dan penguji nonformal menuju pendidikan sepanjang hayat tersebut, diikuti sebanyak 200 pendidik, yang terdiri dari lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), lembaga kursus dan pelatihan, sanggar kegiatan belajar serta Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM).
Pada kesempatan itu, juga dilakukan pelantikan ketua dan pengurus DPC HISPPI PNF Kabupaten Pati untuk periode 2017-2021. Ketua terpilih yakni, Herlina Susilowati.

“Seminar nasional pendidikan ini, merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidik, khususnya mereka yang di bagian pendidikan nonformal. Karena, peningkatan kualitas sangat penting sekali,” ujar Ketua DPC HISPPI Pati Herlina Susilowati.

Pihaknya sengaja mengambil tema tersebut dalam seminar, karena banyak kompetensi pendidik hanya memperhatikan finansial saja. Padahal, katanya, sebagai guru nonformal juga harus mengedepankan kualitas.

Lanjutnya, dalam proses kegiatan belajar, saat ini sudah berbasis ilmu dan teknologi. Sehingga, upaya untuk menghasilkan produk pendidik yang berkualitas dan kompeten, serta cerdas perlu dilakukan.

“Seminar seperti ini, merupakan salah satu upaya kita untuk menghasilkan produk pendidik yang berkompeten. Karena memang eranya sekarang sudah berbasis IT, jadi kita sebagai pendidik juga harus bisa menyesuaikan,” ungkapnya.

Dirinya berharap, nantinya para guru pendidikan nonformal juga harus mau berinovasi dan terus meningkatkan kemampuan diri, agar kualitas pendidikan, khususnya di Kabupaten Pati bisa berkualitas.

Pada kesempatan itu, dirinya juga menyampaikan, jika pihaknya akan melakukan kegiatan lainnya sebagai tindak lanjut peningkatan kualitas guru pendidikan nonformal. Hal itu menurutnya perlu dilakukan, agar guru tidak sekadar mengajar tetapi juga mau untuk berbuat lebih demi kemajuan pendidikan. (Wr)

KOMENTAR SEDULUR ISK :