Tingkatkan Produktifitas Petani, Mahasiswa UMK Buatkan Alat Pengepres Tembakau

by
ISKNEWS.COM

Salah satu diantara anggota Tim PKM, Ahmad Rifqi Hidayat, kepada isknews.com mengatakan, Bergeraknya kami bertiga untuk berinovasi berawal dari pemberitaan di media terkait terpuruknya panen petani tembakau di Rembang yang berakibat ditolaknya hasil panen oleh Industri (perusahaan).

Dijelaskannya, Kualitas tembakau memang dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah faktor cuaca dan faktor pengolahan pasca panen.

Saat Ia bersama dua temannya melakukan survey dilokasi, dapat diketahui bahwa proses pengebalan tembakau atau press di daerah tersebut masih dilakukan dengan menggunakan cara manual. “Alat yang digunakan pun dari papan kayu dan papan tersebut diinjak diatas tembakau pada posisi tembakau didalam papan kayu yang sudah berbentuk kotak,” terang Rifqi.

TRENDING :  Terkait Populasi Kunci, Pencegahan dan Pengendalian HIV AIDS Perlu Perhatian banyak Pihak

Menurutnya, Pada pengerjaan manual, proses pengoperasiannya lebih cenderung kurang efektif dan sangat menguras tenaga. Selain itu, juga memakan waktu yang lebih lama sehingga kurang efisien.

TRENDING :  Tak Disangka Desain Logo Siswi SMP ini Begitu Filosofis

“Hal itu meeupakan hasil survei yang kami lakukan di Desa Banyu Urip Kecamatan Gunem Kabupaten Rembang, kepada salah satu petani tembakau tembakau di daerah Gunem Kabupaten Rembang, Rukani,” kata Rifqi.

TRENDING :  Masyarakat Sesalkan Maraknya Toko Berjejaring Tanpa Izin di Pati

KOMENTAR SEDULUR ISK :