Tips Memilih Papan Skateboard

oleh
Kudus Skateboarding ISKNEWS.COM
Foto: Papan Skateboard milik anak komunitas Kudus Skateboarding di Balai Jagong, Desa Wergu Wetan, Kecamatan/Kabupaten Kudus, Senin (06-03-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Skateboard merupakan salah satu olahraga jalanan yang begitu populer bagi anak muda. Tak heran, jika sebagian besar pemain skateboard terdiri dari anak usia sekolah dan mahasiswa.

Sebagian besar anak muda menyukai skateboard lantaran permainan ini dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Selain itu, permainan ini mengandalkan kreatifitas dari pemain dalam mengkolaborasikan trik-trik skateboard.

“Banyak orang mengatakan jika permainan skateboard merupakan permaianan yang ekstrim karena dapat menyebabkan kecelakaan, dari luka ringan hingga patah tulang. Akan tetapi pada kenyataanya banyak anak kecil yang menyukai permainan ekstrim ini. Hal ini dapat menepis anggapan bahwa skateboard merupakan permainan ekstrim,” ungkap anggota Kudus Skateboarding, Reza (17), Senin (06-03-2018).

ISKNEWS.COM
Foto: Papan Skateboard milik anak komunitas Kudus Skateboarding di Balai Jagong, Desa Wergu Wetan, Kecamatan/Kabupaten Kudus, Senin (06-03-2018). (Nila Niswatul Chusna/ISKNEWS.COM)

Untuk meminimalisir kecelakaan dalam permainan skateboard, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, antara lain, skateboard, sepatu dan peralatan pengaman. Sebelum melakukan permainan ini, hal pertama yang harus dipersiapkan adalah skateboard, yang terdiri dari dack atau papan, wheels atau roda, truck, riser pads, griptape dan hardwere.

TRENDING :  Rahtawu-Soco Diwacanakan Dibangun Jalan Tembus

Papan skateboard secara umum terdiri dari dua jenis yaitu klasik dan longboard atau crusier. “Papan skateboard klasik memiliki hidung dan ekor yang melengkung dan cekung untuk melakukan beberapa trik. Panjang papan ini 31 inchi dengan lebar 8 inchi, sehingga begitu nyaman untuk dimainkan di taman, jalanan dan melakukan sejumlah trik,” kata Reza, saat ditemui oleh isknews.com di Taman Balai Jagong Kudus.

Papan skateboard long board memiliki ukuran lebih panjang dari klasik, sehingga lebih stabil dan mudah dikendarai oleh pemula. Akan tetapi papan ini tidak begitu bagus untuk melakukan manuver dan sejumlah trik, karena papan ini di rancang untuk pemula.

Dalam memilih papan skateboard, pastikan jika papan tersebut terbuat dari kayu maple. Tekstur kayu tersebut yang keras menjadikannya tidak mudah patah dan lebih nyaman digunakan. Berlanjut ke wheels atau roda skateboard yang menjadi bagian penting dari permainan ini.

TRENDING :  Polres Kudus Ajak Masyarakat Tertib Berlalu Lintas

Ukuran dan tingkat kekerasan roda dapat disesuaikan dengan area permainan dan tujuan permainan. Roda yang besar sangat cocok untuk pemula, karena laju skateboard lebih cepat, sehingaa lebih mudah mengendarainya. Sedangkan untuk roda yang kecil dan keras, lebih cocok digunakan untuk melakukan manuver di skatepark.

Ditemui ditempat yang sama, Oteb (25) menjelaskan mengenai cara pemilihan Truck yang merupakan penyangga antara papan dan roda. Di dalam truck, terdapat bushing atau karet kecil yang berbentuk seperti donat, yang fungsinya sebagai bantalan untuk berbelok. Bushing yang keras dan kaku membuat papan lebih stabil, sementara bushing yang lunak membuat laju skateboard lebih mudah dilakukan.

“Pemilihan truck harus disesuaikan dengan papan skateboard. Karena jika terlalu panjang akan sulit digunakan untuk berbelok, sedangkan jika terlalu pendek maka akan susah untuk digunakan,” ujar Oteb.

TRENDING :  Budidaya Sayur Organik Sedikit Modal Hasil Menggiurkan

Diantara truck dan papan, biasanya terdapat sebuah plastik tipis yang berfungsi untuk mengurangi tekanan truck pada papan, dan menjaga agar roda tidak menggesek papan kamu, bagian ini bernama riser pads.

Di atas papan skateboard ditemukan lembaran seperti amplas, yang berfungsi untuk menutupi papan, lembaran ini bernama griptape. Griptape ini berfungsi untuk membantu agar pemain dapat menapak erat di atas papan dan tidak terpeleset.

Terakhir adalah hardwere, yang terdiri dari 8 mur dan 8 baut, yang digunakan untuk menempelkan truck dengan papan skateboard. “Pemilihan komponen ini dapat disesuaikan dengan tujuan permainan skateboard. Sejumlah tempat penjualan komponen skateboard telah menyediakan skateboard yang full set. Satu set skateboard dengan kualitas yang baik, dijual dengan harga antara Rp. 1 – 2 juta.” pungkas Oteb. (NNC/RM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :