Tips Terjebak Banjir Ala Offroader Nasional

oleh -1,620 kali dibaca

Tips, isknews.com – Berkendara dimusim hujan seperti ini, bukan hanya tunggangan yang harus dalam keadaan prima, cara mengemudi dan kewaspadaan pun membutuhkan perhatian lebih. Namun, bagaimana jika kita tetap harus melintasi genangan air ? Julian Johan, offroader nasional memberikan tips ketika mobil anda terjebak dalam genangan banjir.

Jika anda harus melalui jalan yang tergenang, sebaiknya jangan menggunakan kecepatan tinggi, karena untuk menghindari masuknya air yang berlebih diruang mesin yang berpotensi bisa membuat mogok.

Selanjutanya, gunakan gigi 1 (mobil matic pindah ke L atau 1). Karena beban mobil lebih berat waktu nerjang banjir. Jaga kecepatan dan jangan angkat kaki anda dari pedal gas. Kerena mesin yang melambat dapat membiarkan air masuk melalui pipa knalpot dan merusak catalytic converter.

Untuk menghindari masuknya air kedalam filter udara di ruang mesin, gunakan kecepatan yang rendah namun stabil. Sebab filter ruang udara pada mesin lebih rentan mengakibatkan mogok bila terkena air yang berlebihan serta akan membutuhkan biaya lebih bila terjadi kerusakan.

Selanjutnya, hindari mobil berhenti di genangan air, karena apabila mobil berhenti maka permukaan air akan cepat naik ke ruang mesin dan bisa mengakibatkan mobil mogok serta kerusakan pada mesin.

Pada dasarnya mobil dengan mesin diesel lebih tahan apabila menerjang banjir, sebab mobil dengan mesin diesel lebih bersifat “waterproof” dari pada mobil dengan mesin pada umumnya.

Pastikan tidak ada kendaraan yang mengarah ke kendaraan Anda, karena ombak kecil yang ditimbulkan dapat mendorong air masuk ke kendaraan, terutama jika gelombang air bergerak dengan kecepatan yang kencang.

Setelah ke luar dari genangan banjir, gunakan rem dengan perlahan untuk mengeringkannya. Injak rem dengan kaki kiri Anda jika Anda sudah familiar dengan teknik ini. Lepas ketika Anda merasa rem mulai bekerja.

Berhentilah sejenak untuk memeriksa dan memastikan tidak ada sampah seperti kantong plastik atau kotoran lain yang menempel di kisi-kisi radiator atau sirip belakangnya.

Selain itu, usahakan selalu mengemudilah secara halus dan hindari pengereman mendadak atau membelokkan kemudi secara tiba tiba karena hal tersebut dapat menggoyahkan cengkeraman kendaraan Anda. Rem sebelum anda memasuki tikungan. Tambah kecepatan secara halus. Ingatlah untuk tidak menghambat pengendara lain yang bergerak lebih cepat. Jangan membuat peraturan lalu lintas sendiri.

Jaga jarak dengan kendaraan yang berada di depan untuk menghindari semprotan yang menyebabkan kaca kotor. Hal ini penting terutama jika Anda berada di belakang kendaraan yang berukuran besar.

Jika memungkinkan, mengemudilah di jalur yang ditinggalkan oleh kendaraan di depan karena bagian ini lebih kering dari bagian lain di jalan.

Sebagai tambahan apabila mobil ngambang terseret arus, buka semua pintu biar mobil tenggelam dan ban dapat traksi maju. Lepas seat belt dan buka kaca mobil apabila ada hal yang tidak dinginkan dan untuk mempermudah evakuasi.

Hal yang paling aman apabila jalan yang kita lewati terkena banjir adalah memilih alternatif jalan lain atau menunggu agar air sedikit berkurang. (*)

KOMENTAR SEDULUR ISK :

No More Posts Available.

No more pages to load.