TMMD Bantu Turunkan Angka Kemiskinan

oleh

Pati, ISKNEWS.COM – Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang sudah dilakukan beberapa tahun ini, disinyalir telah membantu menurunkan angka kemiskinan di jawa tengah. Bahkan tingkat penurunannya mencapai 11,32 persen dari semula 13,01 persen.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melalui sambutannya yang dibacakan oleh Bupati Pati dalam pembukaan TMMD tahap III di dukuh Solonatah Desa Gunungpanti, Kecamatan Winong, Senin (15/10/2018) mengatakan, dalam jangka waktu lima tahun terakhir ini kemiskinan selalu turun.
“Pada tahun 2018 Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mencapai kinerja teritnggi dalam penurunan kemiskinan, yaitu dari 13,01°/o di tahun 2017 menjadi 11,32°/o di tahun 2018. Namun demikian, angkanya belum terlalu signif‘Ikan,” ungkapnya.
Dia melanjutkan, olah karena itu TMMD akan didorong menjadi salah satu cara mendukung penurunan kemiskinan di Jateng. Tentu ini bergerak simultan, sinergis dan selalu terintegrasi dengan program yang sedang dan akan dilakukan melalui Dana Desa maupun kegiatan pembangunan desa lainnya.
“Pada prinsipnya saya senang, TMMD terus konsisten pada program-program pemberdayaan ekonomi rumah tangga. Bagaimana TMMD melakukan pembinaan usaha ekonomi kerakyatan agar maju dan berdaya saing, serta senantiasa mendorong pemanfaatan tanah pekarangan untuk kemandirian pangan,” imbuhnya.
Selain itu, dirinya juga berharap agar semangat gotong royong makin mantap terasa dan kentara pada gerak pembangunan desa. Sedaya sam sayuk guyub rukun, saiyeg saekapraya bebarengan mbangun desa melalui TMMD.
“Matumuwun dan apresiasi TMMD kembali dan terus digulirkan. Melalui TMMD, bersama kita merawat gotong royong, memacu kreatifitas dan prakarsa masyarakat untuk membangun desa. Kita ingin gotong royong sebagai saripati niIai-nilai kendonesiaan dan esensi kultur ketimuran dapat terus terjaga dengan baik,” tandasnya.

KOMENTAR SEDULUR ISK :
TRENDING :  Gubernur Jawa Tengah Berikan Penghargaan WTP Secara Langsung