TMMD Menoro Selesai, Petani Langsung Rasakan Manfaatnya

by
isknews
Rembang, isknews.com (Lintas Rembang) – Pembuatan akses jalan pertanian  di Desa Menoro Kecamatan Sedan pada program TMMD Sengkuyung III tahun 2017 sangat  bermanfaat bagi petani di desa setempat. Ungkapan tersebut disampaikan oleh Kepala Desa Menoro H. Zidan usai mengikuti kegiatan penutupan TMMD Sengkuyung III Kamis Pagi (26/10) di lapangan desa setempat.
Zidan mengatakan sebelumnya akses jalan pertanian di Desa Menoro hanya jalan setapak yang tidak bisa dilalui kendaraan roda empat. Akibatnya saat panen tiba, warga terpaksa memutar lewat Kecamatan Kragan.
Pembukaan akses jalan pertanian sekitar 1000 meter itu bisa  membantu meningkatkan perekonomian masyarakat warga sekitar. Akses tersebut bisa menekan ongkos biaya transportasi petani pergi dan pulang untuk mengangkut hasil pertanian .
isknews
“Sebelumnya  petani harus mutar lewat Kragan, karena tanah warga Menoro banyak berada di desa Kendal Agung  dan asset jalan sangat sempit kalau hujan, sehingga jalan  tidak bisa dilewati , warga terpaksa mutar lewat Kendal Agung Kragan. Melalui program yang diajukan lewat TMMD ini akhirnya jalan pertanian terelalisasi, petani bisa  menekan ongkos biaya mengangkut hasil pertanian, apalagi didukung dengan pembanguan jembatan menuju desa tetanga,” terangnya.
Komandan kodim 0720 Rembang Letkol Infantri Darmawan Setiady menyampaikan, tujuan kegiatan TMMD membantu pemerintah meningkatkan  kesejahteraan masyarakat dalam rangka menyiapkan ruang juang, alat juang dan kondisi  juang yang tangguh,  dengan sasaran melaksanakan pembangunan fisik dan non fisik.
Secara fisik, program TMMD  menyelesaikan berbagai sasaran infrastruktur seperti  pembangunan , rehabilitasi, pengerasan pengaspalan dan peningkatan badan jalan, pembuatan dan rehab jembatan , pembangunan dan renovasi rumah ibadah, sekolah, rehabilitasi rumah tidak layak huni serta pembangunan sarana sanitasi yang dibutuhkan masyarakat dan kerjasama dengan kementrian pertanian dalam rangka meningkatakan kemandirian pangan. Non fisik menggelorakan semangat gotong royong yang semakin pudar.
Pelaksanakan operasi bakti TMMD Sengkuyung tahap III  tahun 2017  di desa Menoro Kecamatan Sedan dimulai tanggal 27 September sampai dengan 28 Oktober 2017, sasaran kegiatan fisik meliputi makadam jalan, pembuatan talud, jembatan  dan pos kamling. Kegiatan non fisik  penyuluhan  wawasan kebangsaan, kambtibmas hukum, narkoba, pengobatan massal penyuluhan KB dan pemberdayaan anak , pelayanan kependudukan dan catatan sipil serta pasar murah ,terangnya. (Mcs)
KOMENTAR SEDULUR ISK :
TRENDING :  KPID Himbau Masyarakat Cerdas Bermedia