TNI-Polri Siap Amankan Pilkada Serentak 2018

by
Kudus, ISKNEWS.COM – Kodim 0722/Kudus dan Polres Kudus menggelar apel bersama dalam rangka sinergitas TNI-Polri mengamankan Pilkada serentak 2018, Senin (12-02-2018). Kegiatan itu diikuti ratusan anggota kedua institusi yang belangsung di lapangan olahraga Kodim 0722/Kudus.
Kapolres Kudus dalam amanatnya mengatakan, yang melatar belakangi dilaksanakannya apel bersama ini adalah kekompakan kedua institusi untuk menjaga kondusifitas wilayah Kudus selama pelaksanaan Pilkada serenrak 2018. Mulai dari pendaftaran hingga paska pelaksanaan Pilkada.
TNI-Polri adalah institusi yang menjadi benteng rerdepan dalam menjaga keutuhan NKRI. Jangan sampai ada pihak yang memecahbelah bangsa dan membuat kegaduhan utamanya pada proses pelaksanaan Pilkasa serentak 2018.
Agusman mengatakan, jalannya Pilkada tentu akan timbul perbedaan pilihan. Masing-masing orang memiliki pandangan dan kepentingan yang berbeda. Hal itu berpotensi menimbulkan perubahan situasi kamtibmas.
Dari pemetaan potensi kerawanan menuntut sinergitas TNI-Polri dalam menjaga kamtibmas dan menjadi penyejuk di tengah panasnya iklim Pilkada. “Kita dituntut untuk bekerja keras. Kondusifitas wilayah adalah kewajiban yang harus dilaksanakan,” tuturnya.
Sementara itu Dandim 0722/Kudus Sentot Dwi Purnomo mengemukakan, pihaknya telah mengerahkan seluruh kemampuan teritorial. Seluruh Babinsa dioptimalkan untuk mendeteksi dan mencegah kerawanan dalam mengantisipasi kelompok, yang ingin mengganggu stabilitas dan kondisi wilayah Kudus.
Menurut Sentot, ancaman yang paling membahayakan dalam jalannya Pilkada 2018 adalah ancaman provokasi dari pihak luar. Hal itu dapat memicu terjadinya perpecahan dari waega Kudus sendiri. “Kita pasang mata dan telinga mengawasi segala bentuk potensi kerawanan dan provokasi. Pilkada serentak 2018 yang berlangsung di Kudus harus berlangsung dengan aman,” ujarnya.
Pada acaea itu juga dilaksanakan pembacaan ikrar TNI-Polri yang ditirukan seluruh peserta apel. Ada tiga poin yanh dibaca yakni senantiasa bersikap netral dalam pelaksanaan Pilkada, tidak melibatkan diri pada politik praktis, dan ewujudkan sinergitas dan Soliditas dalam mengawal, mengamankan serta mensukseskan Pilkada 2018. (MK/YM)
KOMENTAR SEDULUR ISK :
TRENDING :  Formasi Dapil Pemilu 2019 di Kudus Tak Berubah