Tradisi Dandangan Di Kabupaten Kudus 1439H di Mulai 6 Mei

oleh
tradisi dandangan di Kabupaten Kudus
Dokumentasi isknews.com

Kudus, ISKNEWS.COM – Menyambut bulan suci ramadhan di kota kretek identik dengan tradisi Dandangan. Dandangan yang merupakan proses menunggu pengumuman awal puasa ramadhan ini setiap tahun selalu meriah dengan keramaian para pedagang dan berbagai tontonan serta hiburan masyarakat.

Untuk tahun ini tradisi dandangan di Kabupaten Kudus rencananya akan dilaksanakan selama sepuluh hari mulai tanggal 6 hingga 16 Mei 2018.

TRENDING :  Ratusan Siswa Berlaga di OSN

Menurut Kabid PKL pada Dinas Perdagangan Kudus, Sofyan Dhuhri, mengatakan untuk lokasi Dandangan rencana seperti tahun sebelumnya, yakni disepanjang jalan Sunan Kudus, jalan Pangeran Puger, jalan Wakhid Hasyim, jalan Kyai Telingsing, jalan dr. Ramelan, Bakalan Krapyak serta perempatan Jember ke barat. “Masalah pendaftaran bagi warga atau PKL yang ingin jualan di Dandangan, akan dilaksanakan akhir April sampai 5 Mei 2018,” katanya Jumat (20-4-2018).

TRENDING :  Asal Usul Desa Kramat Kudus

Pada Jum’at malam (20-4-2018) kemarin telah dilakukan pemetaan, lalu 29 dan 30 April nanti dilakukan pemetaan kembali dari petugas. Sedangkan H – 2 pembukaan (4 Mei) akses jalan Sunan Kudus akan ditutup untuk pendirian lapak-lapak milik PKL yang digunakan untuk mremo. dan tanggal 5 Mei hingga 1 hari menjelang ramadhan, dilakukan rekayasa arus lalu lintas.

TRENDING :  Sejarah Sedulur Sikep di Desa Karangrowo

Dikatakan Sofyan, “PKL saat mendaftar kita kenai biaya sesuai perda retribusi, yakni sebesar Rp. 2.000/meter/hari, dengan ukuran lapak adalah 4 x 3 meter persegi. Rencananya lokasi “Dandangan” akan diikuti 360 PKL,” pungkasnya (AJ/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :