Trauma Center Jadi Rujukan Korban Kecelakaan

by
Trauma Center Jadi Rujukan Korban Kecelakaan ISKNEWS.COM
Foto: Trauma center RS Mardi Rahayu Kudus, Kamis (21-06-2018). (Istimewa/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Saat ini terjadi perkembangan yang sangat cepat di bidang teknologi, industri dan mobilitas penduduk yang memberikan dampak positif untuk perekonomian. Namun, perkembangan yang sangat cepat tersebut diiringi peningkatan kejadian penyakit tidak menular yang salah satunya adalah trauma atau kecelakaan.

TRENDING :  Online Shop Ikutan Kebanjiran Order Baju Lebaran

Menurut dr. V.F. Yohari Listia Adi, kini banyak rumah sakit yang menyelenggarakan layanan unggulan dalam bidang penatalaksanaan trauma atau kecelakaan, yang sering disebut dengan istilah Trauma Center.

Di Indonesia, lanjutnya, pengertian Rumah Sakit Trauma Center (RSTC) secara khusus adalah rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan untuk melayani peserta yang mengalami kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja. Di Kudus sendiri, kini telah hadir RSTC yang dapat menjadi tempat rujukan bagi orang yang mengalami kecelakaan kerja.

TRENDING :  Jalur Alternatif Kudus Disiapkan Antisipasi Kepadatan di Jalur Pantura

“Namun, sebenarnya secara umum, Trauma Center adalah fasilitas kesehatan atau rumah sakit yang melayani penatalaksanaan trauma atau kecelakaan secara komprehensif mulai dari pra rumah sakit, selama di rumah sakit, dan sampai setelah perawatan di rumah sakit,” kata dr. Yohari, Kamis (21-06-2018).

TRENDING :  Pertama Kalinya, Tim Hisab dan Rukyat Kudus Melihat Hilal dari Atas Gedung UMK

KOMENTAR SEDULUR ISK :