Tujuh Pospam Disiagakan Dalam Operasi Ketupat Candi 2018

oleh
Tujuh Pospam Disiagakan Dalam Operasi Ketupat Candi 2018
Foto: Pos pengamanan Alun-ALun SImpang Tujuh Kudus dilengkapi berbagai fasilitas. (Mukhlisin/ISKNEWS.COM)

Kudus, ISKNEWS.COM – Tujuh pos pengamanan disiagakan dalam Operasi Ketupat Candi 2018. Para pemudik yang melintas dapat beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalan kembali.

Gelar pasukan Operasi Ketupat Candi telah digelar di Lapangan Alun-Alun Simpang Tujuh Kudus, Rabu (06/06/2018). Dipimpin Bupati Kudus Musthofa tim gabungan disiapkan untuk mengamankan Hari Raya Idul Fitri 1439 H.

Salah satu fasilitas yang disiapkan adalah pos pengamanan di tujuh titik. Di antaranya satu pos pelayanan yang ditempatkan di Terminal Jati Kudus. Pos pengamanan ditempatkan di perempatan Jember, ALun-ALun SImpang Tujuh, dan SPBU Krawang Hadipolo.

TRENDING :  Operasi Ketupat Candi 2018, Polres Kudus Terjunkan 212 Personel

Ditambah dua sub pos pengamanan di depan Pasar Kliwon dan GOR Wergu Wetan Kudus. Penentuan titik pos pengamanan ini dipilih dari tingkat kerawanan kejahatan dan pusat keramaian arus mudik dan balik lebaran tahun ini.

“Salah satu yang menjadi fokus pengamanan adalah lonjakan jumlah massa yang mendatangai berbagai tempat perbelanjaan menjelang lebaran. Maka dari itu kami dirikan pos pengamana yang berlokasi tak jauh dari pusat perbelanjaan,” kata Kapolres Kudus AKBP Agusman Gurning.

TRENDING :  SD Muhammadiyah Birrul Walidain Sabet 2 Emas, 2 Perak, 4 Perunggu Kejurnas Pencak Silat UNS Open 2017

Pihaknya menerjunkan 200 personel dibantu pihak terkait seperti TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan instansi lain. Untuk mengantisipasi aksi kejahatan para personel yang berjaga di pos pengamanan dibekali persenjataan lengkap.

“Kapanpun ada ancaman kami sudah siap melakukan tindakan tegas, terutama ancaman teror yang kerap kali menyasar anggota kepolisian,” tukasnya.

Meski begitu Agusman tetap meyakini kondisi keamanan di Kudus akan tetap kondusif seperti tahun sebelumnya. Mengingat di Kudus sendiri sangata tinggi sekali toleransi antarumat beragama, sehingga sangat kecil kemungkinan terjadinya gesekan antarwarga.

TRENDING :  Putut: Pembongkaran Median Jalan Mengancam Hak Pengendara Sepeda Motor

Sementara itu waka pos pengamanan Alun-Alun SImpang Tujuh Kudus Iptu Cipto ketika ditemui ISKNEWS.COM, Kamis (07/06/2018) mengungkapkan, berbagai fasilitas disediakan di pos. Seperti fasilitas AC, TV, hingga ruang istirahat.

Di ruang istirahat disediakan lima tempat tidur untuk para pemudik yang mampir untuk sekadar beristirahat karena kecapekan dalam berkendara. Tak hanya itu di pos juga disediakan makanan dan minuman.

“Di pos juga disediakan tim medis yang siap sewaktu-waktu apabila pemudik mengalami sakit di perjalanan,” ujar Cipto. (MK/WH)

KOMENTAR SEDULUR ISK :