Tumbuhkan Cinta Negara Melalui Wisata Matematika

oleh

Pati, isknews.com (Lintas Pati) – Pupuk cinta tanah air sejak dini, TNI AD helat wisata matematika di Makodim 0718 Pati, Selasa (12/09/2017) pagi. Selain memberikan semangat bela negara, kegiatan tersebut sebagai upaya TNI dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pati, untuk menumbuhkan cinta Indonesia.

“Kami bersama Disdikbud Pati menggelar acara ini dengan tujuan, memberikan semangat kewajiban cinta negara dan cinta bela negara. Kegiatan ini hadir seluruh kepala sekolah tingkat SLTP dan perwakilan guru matematika di Kabupaten Pati,” ungkap Dandim 0718 Pati, Letkol Inf Andri Amijaya Kusumah di Aula Suluh Bakti.

Sesuai Undang Undang (UU), lanjut dia, setiap warga negara berhak dan wajib untuk membela negaranya jika ada ancaman. Upaya bela negara itu, bisa tercermin dalam bentuk perjuangan di dunia pendidikan.

TRENDING :  Warga Desa Sumur Senang Dengan Dibangunnya Infrastruktur Oleh Kodim 0718 Pati

“Bela negara merupakan bentuk mempertahankan, dan upaya yang secara terus-menerus wajib ditumbuhkan kepada generasi penerus, salah satunya melalui pendidikan,” jelasnya.

Ditambahkan Dandim, kesediaan dalam bentuk pengorbanan, perjuangan maupun menumbuhkan rasa cinta tanah air, merupakan sebagai bentuk bela negara. “Tentu harus dibekali sejak usia dini, termasuk siswa di sekolah,” paparnya.

TRENDING :  Toko Bangunan di Kecamatan Tlogowungu Disatroni Garong

Sementara itu, Kepala Disdikbud Pati Sarpan mengatakan, dengan kegiatan ini semoga peserta giat, mampu memahami secara utuh Pancasila sebagai ideologi negara dan menyebarkan faham cinta negara di lingkungannya.

“Kami berharap ini bisa menjadi bola salju yang terus menggelinding dan membesar, sehingga membentuk kedisiplinan, etos belajar, kemandirian, rasa kesetiakawanan sosial dan semangat gotong royong,” katanya. (Wr)

KOMENTAR SEDULUR ISK :