Tumbuhkan Minat Baca Generasi Muda, Balai Bahasa Gelar Lokakarya Penulisan Esai

oleh

Kudus, ISKNEWS.COM – Kemendikbud RI melalui Balai Bahasa, Badan pengembangan dan pembinaan Bahasa Jawa Tengah (Jateng) bekerjasama dengan Keluarga Penulis Kudus (KPK) mengadakan edukasi Lokakarya Penulisan Esai terhadap generasi muda.

Bertempat di Aula Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Pemkab Kudus, Sedikitnya hadir 45 peserta dari perwakilan SMA/MA/SMK di Kabupaten Kudus dan beberapa komunitas terkait, diantaranya Komunitas Fiksi Kudus (Kofiku), Omah Gatra (Gandrung Sastra), Omah Dongeng Marwah Kudus dan lainnya.

TRENDING :  Banwaslu Gelar Rapat Koordinasi Evaluasi Tahapan Pilgub dan Pilbup 2018

Penyelenggara kegiatan, Kepala Balai Bahasa Jateng, Tirto Suwondo, melalui Ketua SPI Desi Ari Presanti mengungkapkan, tujuan diselenggarakan kegiatan tersebut yakni menumbuhkan minat baca dikalangan muda-mudi. “Tumbuhkan minat baca pada remaja dulu, kemudian dipraktekkan dalam bentuk tulisan, fiksi, dan Non fiksi,” ujarnya disela-sela acara, Sabtu (6/10/2018).

TRENDING :  SD Muhammadiyah Birrul Walidain Sabet 2 Emas, 2 Perak, 4 Perunggu Kejurnas Pencak Silat UNS Open 2017

Dikatakan Desi, Kami menghadirkan narasumber berkompeten dibidangnya, diantaranya dari Keluarga Penulis Kudus (KPK) Mukti Sutarman Espe membahas mengenai kiat-kiat menjadi penulis profesional, lalu Jimat Kalimasada membagikan ilmu mengenai teknik dasar menulis esai lima paragraf.

Pantauan isknews.com, para peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. Selain teori, mereka juga praktek langsung penulisan esai, dan setelahnya langsung di koreksi sama narasumber dan evaluasi.

TRENDING :  Khawatir Jebol, Warga Medini Tiap Malam Jaga Tanggul Kritis

Sementara itu, Harish Ashfa peserta dari MA NU TBS Kudus merasa terbantu dengan lokakarya kali ini. Dirinya memang senang membaca sejak dulu, dan berkembang suka menulis sejak tingkat Mts. “Semoga dengan kegiatan ini, generasi muda khususnya kita para pelajar bisa memberikan kontribusi kepada lingkungan sekitar,” harapnya (AJ/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :