Turunnya Pertumbuhan Ekonomi Sebabkan Penyerapan Zakat Turun 2 Tahun Ini

by

SEMARANG – Penyerapan zakat di Masjid Raya Baiturrahman selama dua tahun terakhir cenderung turun. Sementara di sisi lain, Masjid Raya Baiturrahman menjadi jujugan para mustahik karena lokasinya yang strategis, yakni berada di tengah Kota Semarang dan tempatnya memadai.

Ketua Yayasan Pusat Kajian dan Pengembangan Islam Masjid Raya Baiturrahman Jawa Tengah KH Imam Syafi’i mengatakan dua tahun terakhir ini zakat dari masyarakat tidak mencukupi untuk dibagikan kepada para mustahik.

TRENDING :  Selama Lebaran Mobil Dinas Pemprov Masuk Pool

“Ujungnya puasa adalah supaya kita bertakwa. Yakni menjauhi larangan dan menjalankan perintah Allah. Menjalankan perintah yang utama adalah mendirikan salat dan menunaikan zakat. Jika dua ini dijalani semua, akan sangat baik karena umat Islam akan semakin tertib. Tapi kenyataannya, penyerapan zakat dua tahun ini justru turun,” beber Imam saat Wakil Gubernur Jawa Tengah Drs H Heru Sudjatmoko MSi menyerahkan zakat secara simbolis kepada Ketua Panitia Amalan Ramadhan Masjid Raya Baiturrahman Mustagfiri Asror di aula masjid setempat, Rabu (15/7).

Imam menduga turunnya penyerapan zakat ini berkorelasi dengan menurunnya pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Meski begitu, dia menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang pada tahun ini menyerahkan zakat sebanyak tiga ton beras. Zakat tersebut diharapkan dapat membantu memenuhi kebutuhan para mustahik.

TRENDING :  Penyalahgunaan Narkoba di Indonesia Sudah Mencapai 4 juta Jiwa
KOMENTAR SEDULUR ISK :