Udang Marguensis Siap Jadi Primadona Baru

Udang Marguensis Siap Jadi Primadona Baru
Jepara, isknews.com (Lintas Jepara) – Udang putih lokal Penaeus Merguiensis siap menjadi primadona baru dalam dunia perikanan di Indonesia. Jenis udang laut asli perairan Indonesia ini, telah sukses dikembangkan di Tambak Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau (BBPBAP) Jepara. Hal ini disampaikan oleh Kepala BBPBAP Jepara Sugeng Raharjo, Selasa (25/7/2017) saat panen udang di kawasan tambak BBPBAP Jepara. Udang Merguiensis memiliki potensi besar untuk dikembangkan karena stok induk tersedia hampir di seluruh wilayah perairan Indonesia.

Kepala BBPBAP Jepara Sugeng Raharjo mengatakan udang putih lokal ini memiliki keunggulan dibandingkan dengan jenis udang lainnya, yaitu Vanamae. Selain mudah didapatkan dan merupakan udang asli dari Indonesia, udang ini memiliki kekebalan dan ketahanan dari penyakit dibandingkan vaname. “Kami sudah menguji ketahanan udang ini, hasilnya memang lebih unggul dari vaname,” ujarnya.

TRENDING :  Kapal Asal Jakarta Kandas di Perairan Karangkapal Karimunjawa

Dikatakan Sugeng, selain itu, dari segi bentuk hampir sama dengan udang vaname, namun dari citra rasa daging udang lokal ini lebih nikmat. Hal inilah yang akan menjadi terobosan baru, untuk disosialisasikan kepada para petambak di Kabupaten Jepara maupun di Indoensia untuk membudidayakan jenis udang Marguensis ini. “Kami berharap, ini bisa dimulai dari Jepara kemudian di daerah lain di Indonesia,” imbuhnya.

TRENDING :  Hari Lahir Pancasila Di Peringati Dengan Upacara Bendera Di Alun Alun Pagi Ini

Sementara itu, Staff Ahli Bupati Jepara Bambang Slamet Raharjo mengatakan, udang putih lokal bisa menjadi pemutus perkembangan penyakit udang secara umum. Pasar udang di Negara Jepang dan Amerika masih sangat terbuka luas. Untuk itu, ia berharap Jepara bisa menjadi raksasa produsen udang di beberapa negara di dunia. Saat ini ada sekitar 1.065 hektar tambak mulai dari wilayah Kedung sampai Donorojo. Pengembangan ini bisa menjadi primadona di Jepara “Ini akan menjadi angin segar bagi para pembudidaya udang di jepara, saya berharap BBPBAP untuk bisa memberikan pendidikan dan pendampingan kepada petani udang di Jepara,” ujarnya. (ZA)

TRENDING :  Jepara Masih Kekurangan 1071 guru SD
KOMENTAR SEDULUR ISK :

Share This Post