Ujung Tombak Pengawasan Pemilu, 1.491Pengawas TPS Dilantik Hari Ini

by
isknews

Kudus, ISKNEWS.COM – Panwaslu Kabupaten Kudus secara marathon melantik 1.491 pengawas tempat pemungutan suara (TPS), Senin (04/06/2018). Ribuan anggota baru diharapkan menjadi ujung tombak pengawasan dalam gawe Pilkada serentak 2018, yang akan digelar 27 Juni 2018 mendatang.

Menurut Komisioner Panwaslu Kabupaten Kudus Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Eni Setyaningsih, pelantikan pengawas TPS dilakukan merujuk aturan Perbawaslu Nomor 19 Tahun 2018 sebagai dasar hukum, yang menyebutkan Pengawas TPS dibentuk paling lambat 23 hari sebelum hari pemungutan suara dan dibubarkan paling lambat tujuh hari setelah hari pemungutan suara.

Pelantikan sendiri dilakukan di setiap kecamatan dengan dipimpin oleh ketua Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) pada sembilan kecamatan di Kabupaten Kudus, dengan dihadiri oleh Panwaslu Kabupaten, Camat dan Muspika di masing-masing kecamatan.

TRENDING :  Pengawas TPS Mulai Diseleksi

“Pelantikan dilakukan secara serentak. Setelah pelantikan kemudian bimbingan teknis oleh masing-masing Panwascam,” papar Eni ketika ditemui dalam acara pelantikan Pengawas TPS di Kecamatan Jekulo Kudus, Senin (04/06/2018)

TRENDING :  Verifikasi Faktual Dukungan Perseorangan Pilkada Kudus 2018, Hasilnya Mecengangkan

Diharapkannya kepada seluruh anggota Pengawas TPS yang telah dikukuhkan oleh Panwascam masing-masing kecamatan bisa melaksanakan tugasnya dengan baik dan menciptakan situasi yang kondusif sehingga pelaksanaan Pilkada dapat berjalan sesuai harapan semua pihak.

TRENDING :  Besok, 187 Pendaftar Ikuti Tes Seleksi Tertulis Panwascam

KOMENTAR SEDULUR ISK :