UKM Expo Dan Bursa Kerja 2018 Sinergikan Target Ciptakan 500 Wirausahawan Baru

oleh
Para Pengusaha UKM di Kudus terima penghargaan di ajang Expo Kudus 2018 (Foto YM)

Kudus, isknews.com –Dua dinas di lingkungaan Pemerintah Kabupaten Kudus Menggelar kegiatan Expo bersama, Opening Kudus Industri Koperasi UKM dan bursa kerja Expo 2018 serta Pameran pertanian digelar bersama oleh Dinas Tenaga Kerja, Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menegah Serta Dinas Pertanian Pangan Kabupaten Kudus, dilaksanakan kemarin dan dibuka langsung oleh Bupati Kudus, HM Tamzil, Jumat (02/11/2018).

Diawali dengan laporan ketua penyelengara Ali Rifai Asisten ll Sekda Kudus kolaborasi antara kedua Dinas tersebut berharap para pegiat UMKM dan petani di Kudus mendapat kesempatan berharga dalam mengikuti kegiatan Expo UMKM dan Hasil Pertanian 2018.

Kudus Industri Koperasi UKM dan bursa kerja Expo 2018 dan Pameran pertanian yang digelar di Balai Jagong kompleks sport center GOR Bung Karno Kudus akan diselengarakan selama lima hari mulai tanggal 2 hingga  6 November 2018 mendatang.

TRENDING :  Pendapatan Pada APBD Kabupaten Kudus 2017 Rp 1,56 T

Ali Rifai yang merupakan asisten Ahli Bupati bidang Ekonomi, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, menjelaskan kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan misi bupati yakni tentang 500 wirausaha baru tiap tahun di Kudus.

“Kegiatan ini salah satunya untuk mendorong terciptanya 500 wirausaha baru di Kudus. Selain itu, untuk memamerkan produk UMKM maupun Hasil Pertanian unggulan yang ada di Kudus,” ungkapnya.

Berbagai perusahaan yang ada di Kudus serta Kelompok tani, pelaku usaha kecil menengah, pelaku industri dengan jumlah sebanyak 60 stand, yang terdiri dari 39 stand industri dan UMK dan stand OPD sebanyak 21 stand.

Rina Tamzil gunting pita stand tanda Expo segera dibuka (foto: YM)

” Kemudian, pameran produk pertanian pertanian, perikanan dan peternakan ada 31 stand, yang meliputi stand dinas, Kodim 0722/ Kudus, balai penyuluh pertanian, dan stand pendukung lainnya,” ungkapnya.

TRENDING :  Kudus Alami Deflasi 0,05 Persen

Sementara itu, Bupati Kudus HM Tamzil mengapresiasi adanya kegiatan pameran tersebut. Apalagi yang dipamerkakan adalah potensi unggulan yang ada di Kudus. Baik dari UMKM, koperasi, dan pertanian.turut memeriahkan acara.

“Bahkan, mereka membuka Job Fair, sehingga masyarakat dapat mendaftar sebagai pekerja di perusahaan tersebut. Jika tak ada aral melintang, kegiatan ini akan dilaksanakan tiap tahun,” ujar Bupati.

HM Tamzil berharap bahwa masyarakat Kudus yakin bahwa mereka mampu dan bisa untuk bekerja dan menjual produknya dengan baik, “Kegiatan ini harapannya adalah untuk mendorong warga Kudus yakin bahwa mereka mampu dan bisa dalam hal bekerja maupun berusaha di bidang UMKM ataupun pertanian,” ujarnya.

TRENDING :  Hanif Dhakiri : "Pendidikan formal dan pelatihan kunci peningkatan kualitas tenaga kerja"

Tak hanya itu, H.M. Tamzil juga mengingatkan bahwa dunia bisnis selalu berkaitan dengan kreativitas dan inovasi, “Produk-produknya harus dikemas lebih kreatif dan inovatif. Penjualan via media sosial juga perlu dirambah,” katanya. Dirinya juga memberikan penjelasan terkait pelaksanaan kegiatan ini yang berada di Balai Jagong, “Saya sengaja meminta dilaksanakan disini, supaya tempat ini juga dikenal. Kalau di Alun Alun terus nantinya juga menganggu lalu lintas,” tutupnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati bersama Kapolres dan Ketua DPRD Kudus secara simbolis menekan sirene tanda dimulainya acara. Sementara itu, pemotongan pita dilakukan oleh Rina Tamzil selaku Ketua PKK Kudus. Bupati juga sempat menyerahkan sertifikat kepada pengusaha batik dan handycraft di Kudus.  (YM/YM)

KOMENTAR SEDULUR ISK :